Pengaruh Bid-Ask Spread, Market Value, Risk of Return, dan Dividend Payout Ratio terhadap Holding Period Saham Biasa (Studi pada Perusahaan yang Tercatat dalam Indeks LQ-45 Periode Tahun 2009-2011)

Nurwani, DinarAyu (2013) Pengaruh Bid-Ask Spread, Market Value, Risk of Return, dan Dividend Payout Ratio terhadap Holding Period Saham Biasa (Studi pada Perusahaan yang Tercatat dalam Indeks LQ-45 Periode Tahun 2009-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saham merupakan salah satu jenis sekuritas yang ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia. Seorang investor yang berinvestasi pada saham akan memperoleh keuntungan berupa capital gain dan dividend . Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, investor perlu mengetahui kapan harus membeli dan menjual saham serta berapa lama jangka waktu menahan saham yang dimiliki. Jangka waktu kepemilikan saham investor ini, atau disebut dengan holding period , dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: bid-ask spread , market value , risk of return , dan dividend payout ratio . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu bid-ask spread , market value , risk of return , dan dividend payout ratio secara simultan dan parsial terhadap variabel dependen yaitu holding period saham biasa. Populasi yang digunakan adalah saham-saham yang tercatat pada Indeks LQ-45 periode tahun 2009-2011 dengan total sampel 19 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, serta uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan dan parsial, dengan α 5%. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel bid-ask spread , market value , risk of return , dan dividend payout ratio secara simultan memiliki pengaruh terhadap holding period saham biasa dengan nilai F hitung sebesar 13,974 dan signifikansi sebesar 0,000. Besarnya pengaruh variabel bid-ask spread , market value , risk of return , dan dividend payout ratio terhadap holding period saham biasa adalah 48,1%, sedangkan 51,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dari penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel market value dan dividend payout ratio berpengaruh signifikan terhadap holding period saham biasa dengan signifikansi 0,000. Variabel bid-ask spread dan risk of return berpengaruh tidak signifikan terhadap holding period saham biasa. Signifikansi untuk bid-ask spread sebesar 0,177, sedangkan untuk risk of return sebesar 0,594. Bagi investor, dalam menentukan holding period diharapkan selain memperhatikan variabel-variabel di atas juga mempertimbangkan faktor-faktor lain baik dari dalam maupun luar perusahaan, sehingga nantinya dapat memperoleh return yang optimal. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya dilakukan kombinasi variabel yang berbeda dan penambahan periode penelitian yang lebih panjang dan aktual sehingga hasil penelitian akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/354/051308425
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2013 10:40
Last Modified: 21 Oct 2021 10:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115911
[thumbnail of 1._Cover-Daftar.pdf]
Preview
Text
1._Cover-Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._Lampiran.pdf]
Preview
Text
4._Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._Bab_1-5.pdf]
Preview
Text
2._Bab_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
3._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item