Kinerja Badan Keswadayaan Masyarakat (Bkm) Dalam Melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (Pnpm-Mp) (Studi Pada Bkm “Sejahtera” Kelurahan Bugul Kidul, Kota Pasuruan)

Nalendrani,Dyah (2012) Kinerja Badan Keswadayaan Masyarakat (Bkm) Dalam Melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (Pnpm-Mp) (Studi Pada Bkm “Sejahtera” Kelurahan Bugul Kidul, Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) adalah program nasional yang diprogramkan sejak 2008 untuk menggantikan program Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) yang sebelumnya telah digagas oleh Bank Dunia untuk membantu pembangunan dinegara berkembang. Sebagaimana program sebelumnya, PNPM-MP memanfaatkan keberadaan lembaga nonpemerintahan yang berbasis pemberdayaan masyarakat atau lembaga keswadayaan. Penggerak program ini adalah Badan Keswadayaan masyarakat (BKM) yang dibentuk oleh pemerintah melalui Korkot. Korkot membentuk BKM yang selanjutnya dianggotai sepenuhnya oleh masyarakat. Korkot beserta lembaga atau dinas pemerintahan lainnya yang terkait bersama-sama melakukan pembinaan, pendampingan, dan pengawasan terhadap kinerja BKM. Kinerja BKM inilah yang menjadi topik utama dalam pembahasan penelitian ini. Lebih khusus, peneliti meneliti kinerja BKM “Sejahtera” Kelurahan Bugul Kidul Kota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa bagaimana kinerja BKM “Sejahtera” dalam melaksanakan PNPM-MP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi; instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, catatan lapangan; metode analisa data menggunakan metode analisis komponensial yang meliputi pengumpulan data, membandingkan kontras data pada setiap domainda n sub domain, dan kemudian melakukan penarikan kesimpulan/verifikasi berdasarkan kontras tersebut. Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk : 1) Mendeskripsikan dan menganalisis kinerja BKM dalam melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bugul Kidul Kota Pasuruan baik dilihat berdasarkan penilaian kinerja proses pelaksanaan dan hasilnya. Dan 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Bugul Kidul, Kota P

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/97/051201127
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jun 2012 14:11
Last Modified: 19 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115794
[thumbnail of 051201127.pdf]
Preview
Text
051201127.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item