Integritas Pegawai Pengendalian Operasional Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk (Studi pada Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk)

Kusumawardani, Rusmanita (2018) Integritas Pegawai Pengendalian Operasional Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk (Studi pada Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terminal bus Anjuk Ladang tipe b yang berada di Kabupaten Nganjuk adalah terminal yang dikunjungi bus Antar Kota Antar Provinsi selama 24 jam. Integritas harus dimiliki oleh Pegawai Pengendalian operasional dalam pelayanan terminal meliputi kejujuran mengenai informasi yang dibutuhkan, kedisiplinan mengenai pelanggaran pengguna terminal, dan bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan pengguna terminal agar dapat memberikan jaminan rasa aman pada pengguna terminal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis dengan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur dan situs penelitian di adalah tim Pengendalian Operasional Terminal Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) integritas Pegawai Pengendalian Operasional Terminal Anjuk Ladang melalui tiga indikator yaitu kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab Integritas pegawai Dalops (Pengendalian Operasional) Terminal Anjuk Ladang dapat menerapkan kejujurannya untuk tidak menyalahgunakan proses penarikan retribusi terminal. Kedisiplinan dan Tanggung jawab pegawai Dalops melalui penertiban, teguran, dan sanksi kepada pengemudi bus trayek yang melanggar peraturan. Jenis pelayanan yang ada pada terminal (1) Jasa didalam pelayanan terminal bus adalah tersedianya jasa transportasi umum yang telah ditentukan oleh peraturan PM Nomor 40 Tahun 2015 sesuai dengan tipe masing – masing. Ketersediaan transportasi umum khususnya bus dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum (2) Fasilitas publik, memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai menjadi tolak ukur dari keberhasilan suatu pembangunan bangsa, dalam proses pelayanan publik karena masyarakat adalah konsumen dari produk layanan yang dihasilkannya. Upaya yang dilakukan pegawai Dalops dalam meningkatkan integritas adalah (1) adanya pemantauan rutin dari Dishub Provinsi Jawa Timur yang dapat meningkatkan kualitas kinerja pegawai dan melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai. (2) Pembangunan terminal Anjuk Ladang yang memiliki prinsip kesetaraan dengan bandara adalah suatu wujud pelayanan yang baik dan memikirkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat pengguna jasa terminal. Saran dari hasil analisis tersebut adalah, (1) Dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas diri yang jujur, disiplin, dan bertanggung jawab meskipun tanpa pantauan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. (2) Perlunya menertibkan dan memberikan edukasi kepada pedagang asongan agar tidak menyulitkan penumpang yang akan keluar dari bus. (3) Dapat memperbaiki dan melengkapi fasilitas terminal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 40 Tahun 2015 untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan bus umum.

English Abstract

Anjuk Ladang type B bus terminal located in Nganjuk District is the terminal visited by Inter City Inter-Provincial bus for 24 hours. Integrity must be owned by the Operational Control Officer in the terminal service including honesty regarding required information, discipline regarding terminal user violations, and is responsible for the security and safety of terminal users in order to provide security of security to terminal users. The research method used is descriptive method with qualitative approach. Analysis of data used is using analysis with interactive model from Miles, Huberman and Saldana. This research is done by observation, interview, and documentation. The study is located in Nganjuk District, East Java Province and the research site is the Operational Control Team of Terminal Anjuk Ladang of Nganjuk Regency. The results of this study indicate that (1) the integrity of the Operational Controlling Staff of the Anjuk Ladang Terminal through three indicators of honesty, discipline and responsibility Integrity of Dalops employees (Operational Control) The Anjuk Ladang Terminal can apply its honesty not to abuse terminal retrieval process. Discipline and Responsibilities of Dalops employees through curbing, reprimand, and sanctions to truck bus drivers breaking the rules. Types of services available at the terminal (1) Services within the terminal bus service are the availability of public transportation services which have been determined by the PM Regulation No. 40 of 2015 according to their respective types. The availability of public transport, especially buses, can affect public interest in using public transportation. (2) Public facilities, having complete and adequate facilities and infrastructures become a benchmark of the success of a nation's development, in the process of public service because the community is the consumer of the products they produce . Attempts made by Dalops employees in improving integrity are (1) routine monitoring from department of transportation Java Province that can improve the quality of employee performance and evaluate employee performance. (2) The construction of the Anjuk Ladang Terminal which has the principle of equality with the airport is a form of good service and think about what is needed by the terminal service user. Suggestions from the results of the analysis are, (1) Can maintain and improve the quality of self that is honest, disciplined, and responsible even without the monitoring from Department of Transportation of East Java Province. (2) The need to discipline and provide education to hawkers so as not to complicate passengers who will get out of the bus. (3) Can repair and equip terminal facility as per RI Minister of Transportation Regulation no. PM 40 of 2015 to increase public interest to use public buses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/173/051803434
Uncontrolled Keywords: Integritas, Pegawai, Terminal
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation > 388.33 terminal
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 May 2018 07:14
Last Modified: 26 Oct 2021 05:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10241
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (132kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item