Implementasi Program Corporated Social Responsibility (CSR) melalui BI Corner dalam Meningkatkan Informasi Bidang Ekonomi (Studi Pada Implementasi Program CSR BI Corner di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Fithroh, Puput Nuzilatin (2017) Implementasi Program Corporated Social Responsibility (CSR) melalui BI Corner dalam Meningkatkan Informasi Bidang Ekonomi (Studi Pada Implementasi Program CSR BI Corner di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyedia informasi seperti perpustakaan mempunyai peran untuk memenuhi kebutuhan informasi sehingga harus menjadi pusat pelayanan informasi dan mencukupi informasi yang dibutuhkan pemustaka. Upaya yang dilakukan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan informasi adalah bekerjasama dengan perusahaan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyetujui kerjasama dengan Bank Indonesia melalui Program CSR BI Corner. BI Corner merupakan pojok bacaan yang diberikan Bank Indonesia melalui program CSR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi, output, serta faktor pendukung dan penghambat program CSR melalui BI Corner dalam meningkatkan informasi bidang ekonomi di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, mencakup penyajian data, kondensasi data, menarik dan memverivikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini program CSR BI Corner menunjukkan realisasi kerjasama Bank Indonesia Malang dengan Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang. Implementasi program CSR BI Corner di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah terlaksana dengan baik dapat terlihat keempat aspek telah terimplementasi. Pengorganisasian terbentuklah manajemen organisasi yang terdiri dari 5 divisi dan dibina langsung oleh Kepala Jurusan dan Kepala Perpustakaan. Penyusunan sumber daya manusia untuk penempatan tugas terpilih 13 mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah S1 UIN Maliki Malang. Pengarahan terkait dengan mengimplementasikan BI Corner sepenuhnya mengikuti SOP (Standart Operation Procedure) di Perpustakaan Pusat UIN Maliki Malang. Pengawasan dilakukan oleh kedua belah pihak menggunakan strategi program dengan desentralisasi. Output CSR BI Corner di Perpustakaan Pusat UIN Mlaiki Malang berbentuk bantuan fisik dan bantuan literasi. Faktor pendukung program CSR BI Corner adalah sumber daya manusia maupun sumber daya peralatan, disposisi, struktur birokrasi. Sedangkan faktor penghambat implementasi program CSR BI Corner adalah komunikasi dalam keterbatasan pola pemasaran.

English Abstract

Information provider as library has a role to fulfill information needs, so it must be an information service center to provide sufficient information required by enduser. Efforts made by library to meet the information needs is the cooperation with the company, through the program of Corporate Social Responsibility (CSR). Central Library of UIN Malang Maulana Malik Ibrahim agreed cooperation with Bank Indonesia through the CSR programs BI Corner. BI Corner is corner readings provided Bank Indonesia through the CSR programs. The purpose of this study is to describe and analyze the implementation, outputs, as well as supporting and obstacle factors of CSR programs through BI Corner in improving information in economics at Central Library of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. This research is descriptive research using qualitative methods. The data analysis uses interactive models from Miles and Huberman, covering presentation, the condensation, verification of conclusions data. The results of this research CSR programs BI Corner shows the realization of cooperation Bank Indonesia Malang with UIN Maliki Malang Central Library. The implementation of CSR programs BI Corner in the library of the Centre of Maulana Malik Ibrahim UIN Malang already done well can be seen in all four aspects have been implemented. Organizing is making management organization that consists of 5 divisions and built directly by the head of Department and head of the library. Preparation of human resources for the placement of the selected task 13 students majoring in Islamic banking S1 UIN Maliki Malang. The direction associated with implementing BI Corner fully follow the (Standard Operation Procedure) at the Central Library UIN Maliki Malang. The supervision carried out by the two sides to use the strategy programs with decentralized. The output of the CSR BI Corner in the Library Center UIN Malaiki Malang physical aid and literacy assistance. Factors supporting CSR programs BI Corner is the human resources as well as the disposition of the equipment, resources, bureaucratic structure. While obstracle factor of the implementation of CSR programs BI Corner is communication within the limitations of the marketing pattern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/492/051706435
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Corporate Social Responsibility (CSR), BI Corner, Kebutuhan Informasi.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.6 Cooperation and networks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:07
Last Modified: 18 Apr 2022 01:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6144
[thumbnail of PUPUT NUZILATIN FITHROH.pdf] Text
PUPUT NUZILATIN FITHROH.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item