Mirza, Tasya Kemala (2017) Peran Nilai Pelanggan pada Pengaruh Preferensi dan Citra Merek Syariah terhadap Keputusan Menabung (Studi pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tasya Kemala Mirza, Program Magister Manajemen Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 20 Juli 2017. Peran Nilai Pelanggan pada Pengaruh Preferensi dan Citra Merek Syariah terhadap Keputusan Menabung (Studi pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang). Ketua Komisi Pembimbing: Sudjatno, Anggota Komisi Pembimbing: Sunaryo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris peran nilai pelanggan dalam memediasi pengaruh preferensi dan citra merek Syariah terhadap keputusan menabung pada Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan menguji dan menganalisis ulang, baik pengaruh langsung antara preferensi dan citra merek Syariah terhadap keputusan menabung, maupun pengaruh tidak langsungnya melalui nilai pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Bank Syariah Milik Negara di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan dari karakteristik responden diperoleh total sampel sebanyak 200 responden, dengan alokasi 50 responden pada masing-masing Bank Umum Milik Negara di Kota Malang. Model analisis yang digunakan adalah model struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS), sedangkan perhitungan analisisnya menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa preferensi merek syariah tidak mempunyai efek penting dalam meningkatkan keputusan menabung pelanggan. Sebaliknya citra merek syariah mempunyai efek penting dalam meningkatkan keputusan menabung pelanggan. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa nilai pelanggan dapat memberikan peran mediasi sempurna pada efek preferensi merek syariah terhadap keputusan menabung nasabah, serta dapat memberikan peran mediasi sebagian pada efek citra merek syariah terhadap keputusan menabung pelanggan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mempertimbangkan kembali ukuran – ukuran dalam konsep yang diamati serta menggunakan aspek religiusitas sebagai determinan keputusan menabung nasabah.
English Abstract
Tasya Kemala Mirza, Magister Program in Management Science, Postgraduate Program, Faculty of Economics and Bussiness, University of Brawijaya Malang, Juli 20th 2017. The Role of Customer Value on the Effect of Brand Preference and Image toward Deposit Intention (Study at State-Owned Islamic Bank in Malang City). Supervisor: Sudjatno, co-supervisor: Sunaryo. This study analyzes both of directly effects between sharia brand preference and image on deposit intention and indirectly effect through customer value. As an explanatory study, research framework developed by testing the mediation effect of customer value in order to increasing the effect of Islamic brand preference and image on deposit intention. Subjects of this study were all customers of State-Owned Islamic Bank in Malang City. The sampling technique used is the purposive sampling. Based on the criteria determined from the characteristics of respondents obtained the total sample of 200 respondents, with the allocation of 50 respondents in each Islamic Bank. The analysis model used is the structural model with Partial Least Square (PLS) approach, while the calculation of the analysis using SmartPLS software application. The result of this study revealed that shariah brand preference does not have an important direct effect in increasig customer deposit intention. In contrary, sharia brand image has an important direct effect in improving customer deposit intention. The mediation test result indicated that customer value have a perfect mediating role in the effect of sharia brand preference on customers deposit intention, and also have a partial mediating role in the effect of sharia brand image on customer deposit intention. Additional research is suggested in future to reconsider the constructs measurement of the concept and to examine religiosity aspect as determinant of customer deposit intention.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.834 3/MIR/p/2017/041709026 |
Uncontrolled Keywords: | CONSUMERS PREFERENCES, BANKS AND BANKING - RELIGIOUS ASPECTS, CORPORATE IMAGE, BANK DEPOSITS, DECISION MAKING |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 06:30 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 06:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5054 |
![]() |
Text
Tasya Kemala Mirza.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |