Pemodelan Kecelakaan Sepeda Motor Di Beberapa Ruas Jalan Di Kota Surabaya Barat Dengan Metode Generalized Linear Model

Harianto, Bambang and Lasmini Ambarwati, ST., M. Eng and Rahayu Kusumaningrum, ST., M.Sc (2025) Pemodelan Kecelakaan Sepeda Motor Di Beberapa Ruas Jalan Di Kota Surabaya Barat Dengan Metode Generalized Linear Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan lalulintas, khususnya yang mencakup pengguna sepeda motor, menjadi masalah besar di Indonesia, dengan angka kematian yang tinggi berdasarkan data dari berbagai studi dan laporan resmi. Penelitian ini mengidentifikasi Surabaya Barat sebagai daerah dengan kecelakaan sepeda motor yang cukup signifikan, sehingga perlu dilakukan analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang dapat meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan membuat model peluang kecelakaan sepeda motor di Kota Surabaya barat yang didasarkan pada data geometrik dan lalulintas jalan untuk mengetahui tindakan yang tepat dalam menurunkan angka kecelakaan sepeda motor. Metode pengumpulan data primer dengan survei lapangan langsung, data yang didapatkan mencakup karakteristik geometrik ruas jalan Jalan Mastrip, Jalan joyoboyo, Jalan Menganti, Jalan Meyjen HR. Muhammad dan jalan Meyjen Sungkono. Sedangkan data sekunder yang tediri dari data kecelakaan dan LHR yang diperoleh dari laporan kepolisian dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model statistik Generalized Linear Model untuk memprediksi kecelakaan berdasarkan faktor-faktor seperti geometrik jalan dan kondisi lalu lintas. Hasil penelitian mengungkapkan hubungan yang signifikan antara volume lalu lintas, dan kecepatan terhadap tingkat kecelakaan yang terjadi pada sepeda motor. Kecelakaan sepeda motor meningkat seiring dengan peningkatan jumlah arus lalu lintas pada jalan-jalan yang dilihat di sekitar kota Surabaya Barat. Kecepatan juga berperan dalaam meningkatkan jumlah kecelakaan lalu lintas. Setiap peningkatan nilai kecepatan satu unit, kecelakaan sepeda motor akan meningkat dengan perkalian e0,078 atau sebanding dengan perkalian 1,0811. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi untuk meningkatkan keselamatan jalan dan saran untuk penelitian lanjutan yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas di area perkotaan

English Abstract

Traffic accidents, especially involving motorcycle users, are a major problem in Indonesia, with high mortality rates based on data from various studies and official reports. This study identifies West Surabaya as an area with quite significant motorcycle accidents, so it is necessary to conduct an in-depth analysis of factors that can improve traffic safety. This study aims to create a motorcycle accident probability model in West Surabaya City based on geometric data and road traffic to determine the right actions to reduce the number of motorcycle accidents. The primary data collection method was by direct field survey, the data obtained included the geometric characteristics of the Mastrip Road, Joyoboyo Road, Menganti Road, Meyjen HR. Muhammad Road and Meyjen Sungkono Road. While secondary data consisting of accident data and LHR obtained from police reports and the East Java Provincial Transportation Agency. Data analysis was carried out using the Generalized Linear Model statistical model to predict accidents based on factors such as road geometry and traffic conditions. The results of the study revealed a significant relationship between traffic volume and speed to the level of accidents that occur on motorcycles. Motorcycle accidents increase along with the increase in the amount of traffic flow on the roads seen around the city of West Surabaya. Speed also plays a role in increasing the number of traffic accidents. Every increase in speed value of one unit, motorcycle accidents will increase by a factor of e0.078 or equivalent to a factor of 1.0811. This study concludes with recommendations for improving road safety and suggestions for further in-depth research on the factors that influence traffic accidents in urban areas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052507
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Sepeda motor, Generalized Linear Model, Surabaya Barat- Accidents, Motorcycles, Generalized Linear Model, West Surabaya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 15 Apr 2025 04:28
Last Modified: 15 Apr 2025 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/238119
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bambang Harianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item