Analisis Perilaku Berkendara Pengguna Sepeda Motor dan Penentun Lokasi Blackspot di Jaringan Jalan Surabaya Barat

Mulawarman, Prayoga Aditya and Lasmini Ambarwati, ST., M.Eng and Rahayu Kusumaningrum, ST., MT., M.Sc (2025) Analisis Perilaku Berkendara Pengguna Sepeda Motor dan Penentun Lokasi Blackspot di Jaringan Jalan Surabaya Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut data dari Humas Polri Jawa Timur, pada tahun 2023 tercatat minimal 1.356 kecelakaan di Surabaya. Penyebab kecelakaan ini bervariasi, mulai dari kondisi infrastruktur jalan yang kurang baik dan perilaku pengemudi yang mengabaikan aturan. Di daerah black spot, dibutuhkan tindakan khusus untuk memperbaiki dan meningkatkan keselamatan jalan. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain pemasangan rambu lalu lintas yang jelas dan perawatan jalan yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pengumpulan data, meliputi: data primer (kuesioner karakteristik berkendara) dan data sekunder (peta wilayah penelitian, data LHR Surabaya Barat tahun 2022-2023 dan data kecelakaan lalu lintas Surabaya Barat tahun 2022-2023), tahap analisis dan pengolahan data, serta tahap terakhir yaitu penyusunan hasil. Untuk kebutuhan sampel pada penelitian ini dihitung dengan rumus time linier function dan mendapatkan jumlah kebutuhan sampel sebanyak 200 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80 % pengendara sepeda motor di Surabaya Barat adalah laki-laki, 39 % berusia di kisaran 26-35 tahun, dengan 44% latar belakang pendidikan yaitu SMA/SMK, 34% memiliki pekerjaan sebagai Wirausaha/Wiraswasta dengan 38% penghasilan di kisaran Rp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000 dan 50% pengendara sepeda motor memiliki SIM C. Namun, dalam hal perilaku berkendara, banyak pengendara yang masih melanggar peraturan lalu lintas, dan kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh kesalahan pengendara itu sendiri. Lokasi blackspot berada di ruas jalan Mastrip, Joyoboyo dan Menganti. Sedangkan pada tahun 2023 lokasi blackspot berada di ruas jalan Mastrip, HR.Muhammad, dan Meyjen Sungkono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorfaktor seperti latar belakang pendidikan (X3), pemeriksaan terhadap bensin (X12), penggunaan jalur sepeda motor (X16), berpengaruh terhadap peningkatan peluang terjadinya kecelakaan di Surabaya Barat dengan peluang kecelakaan sebesar 97,6%.

English Abstract

According to data from the East Java Police Public Relations, at least 1,356 accidents were recorded in Surabaya in 2023. The causes of these accidents vary, ranging from poor road infrastructure conditions to drivers' behavior that disregards regulations. In black spot areas, special measures are needed to repair and improve road safety. Some steps that can be taken include the installation of clear traffic signs and optimal road maintenance. This research uses a method consisting of four stages: the preparation stage, the data collection stage, including primary data (driving characteristics questionnaire) and secondary data (research area maps, LHR data for West Surabaya 2022-2023, and traffic accident data for West Surabaya 2022-2023), the data analysis and processing stage, and the final stage of result compilation. For the sample requirements in this study, the linear time function formula was used, resulting in a sample size of 200 respondents. The research results show that 80% of motorcycle riders in West Surabaya are male, 39% are aged between 26-35 years, with 44% having an educational background of high school/vocational school, 34% working as entrepreneurs/self-employed with an income range of Rp. 4,000,000 – Rp. 5,000,000, and 50% of motorcycle riders possessing a C driver's license. However, in terms of driving behavior, many riders still violate traffic regulations, and the accidents that occur are caused by the riders' own mistakes. The blackspot locations are on the Mastrip, Joyoboyo, and Menganti road sections. Meanwhile, in 2023, the blackspot locations are on the Mastrip, HR. Muhammad, and Meyjen Sungkono road sections. The research results show that factors such as educational background (X3), inspection of gasoline (X12), and the use of motorcycle lanes (X16) influence the increased likelihood of accidents in West Surabaya with an accident probability of 97.6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0525070021
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pengendara Sepeda Motor, Penentuan Lokasi Blackspot, Bentuk Pemodelan Kecelakaan, Surabaya Barat-Characteristics of Motorcycle Riders, Determination of Blackspot Locations, Accident Modeling Forms, West Surabaya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:37
Last Modified: 24 Feb 2025 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/236978
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Prayoga Aditya Mulawarman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item