Astiti, Bda Ayu Alit and Prof. Dr. ivioch. Ichsan, - and Drs. Bambang Suprivono., MS (2005) Pengembangan Ararat Pengawasan Flingsbonal Pada Badan Pengawas Daerah Propinsi Balb (Studi Tentang Pelatihan Di Kantor Sendiri / In House Training ). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam rangka mencapai cita-cita dan tujuan negara secara efektif dan efisien diperlukan manajemen publik. Salah satu fungsi manajemen publik yang penting adalah pengawasan. Pengawasan dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah di era otonomi daerah ini terdiri dari: pengawasan oleh DPRD, pengawasan masyarakat dan pengawasan fungsional yang menjadi fokus penelitian ini. Guna mewujudkan efisiensi dan efektifitas pengawasan fungsional, diperlukan adanya kemampuan Aparat Pengawasan Fungsional (APF). Realitanya, masih terdapat kesenjangan gap antara tingkat kemampuan yang telah dimiliki APF dari sisi diklat sertifikasi auditor dan teknis substansi dengan tuntutan kewenangan, jabatan, tugas pokok dan fungsi di bidang pengawasan. Untuk itulah dipandang perlu adanya upaya pengembangan APF ini salah satunya melalui in hous training atau dalam penelitian ini dibahasakan dengan pelatihan di kantor sendiri (PKS). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan, menginterpretasikan dan menganalisis data, fakta dan informasi yang berkaitan dengan: (1) penyelenggaraan PKS; dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan PKS guna mewujudkan kualiatif, bersifat studi kasus pada Bawasda Propinsi Bali dengan proses pengumpulan datanya secara getting in, getting along dan logging data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi serta analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelatihan di kantor sendiri PKS belum dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan indikasi: (a) tahap perencanaan; (b) penilaian kebutuhan berdasarkan pendekatan praktis dari sisi uraian tugsa dan penetapan peserta tidak sesuai dengan materi pelajaran dan kesenjangan kemampuan; (c) tahap pelaksanaan: jenis mata pelajaran dan narasumber yang tercantum dalam perencanaan tahun 2003 dan 2004 relatif kurang sesuai dengan pelaksanaannya; dan (d) tahap pelaporan dan evaluasi, pelaporan sudah dilakukan akan tetapi evaluasi belum pemah dilaksanakan sebagaimana mestinya; serta (2) adanya faktor pendukung berupa: (a) adanya kebijakan pimpinan; dan (b) relatif tingginya partisipasi dan respon/antusiasme peserta; dan (c) narasumber dari BPKP yang responsif serta faktor penghambatberupa: (a) relatif terbatasnya anggaran dan sarana pendukung; (b) jadwal pelaksanaan sering berbenturan dengan kegiatan BPKP. Sehubungan dengan kesimpulan tersebut, penelitian ini memberikan rekomendasi sebagai berikut Karena adanya kesenjangan (discrepancy/gap) antara tingkat kemampuan yang dimiliki APF dari sisi diklat sertifikasi auditor dan diklat teknik substansi dengan tuntutan kewenangan, jabatan tugas pokok dan fungsi di bidang pengawasan diperlukan adanya pengembangan aparat pengawasan fimgsional (APF) melalui pelatihan di kantor sendiri (PKS)//« House Training. Ke depan dalam penyelenggaraannya lebih disempumakan yang tentunya dengan dukungan alokasi dana yang cukup memadai dan terns ditingkatkan dari tahun ke tahun.
English Abstract
Pursuing for nation’s interest and objective effectively and efficiently demands for public management. One important function of public management submits to the supervision. Contextual supervisions within local government organization in local autonomy era include supervision from local representatives, public, and functional in which the latest becomes research focus. Efficient and effective functional supervision needs certain capability of Functional Supervision Apparatus (APF). In fact, the “gap’ exists between APF’s capability rate from auditor certification education-training and substantial technique and from considerations on authority, position, main duty, and function in supervision. These matters become the background of requiring APF development through in house training and research calls this as self-trained in the office where the writer works. Research was designated to explain, to interpret, and to analyze data, fact, and information about: (1) PKS organization and (2) factors supporting and constraining PKS organization in developing APF. Research applied qualitative method, in shape of case study toward Local Supervision Agency of Bali province, involving data collection in manners of getting-in, getting along, and logging data after deep interview and documentation, and interactive model data analysis. Results of research show that: (1) self-trained in the office where the writer works (PKS) seems inappropriate by indication that: (a) planning stage, demand assessment based on practical approach from duties review and participant determination do not comply with learning material and result in ability gap; (b) implementation stage, learning material and informant as asserted in 2003 and 2004 plans do not agree with the implementation; and (c) reporting and evaluation stage, reporting actually runs well but the evaluation doesn’t seem conducted properly; (2) factors supporting PKS comprise to: (a) leadership policies, (b) relatively high participation and response/enthusiasm, (c) responsive informant from BPKP; while factors constraining PKS consist of: (a) relatively limited budget and facility, (b) mixed schedule with BPKP activities. Using these summaries, research provides recommendations that: certification education-training and substantial technique and from considerations on authority, position, main duty, and function in supervision, thus Functional Supervision Apparatus development through In House Training (PKS) considers as being important solution. Future organization concerns in perfection of reliable fund allocation and annual budget improvement that still depended on local finance ability
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 040503 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 02:42 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/231127 |
![]() |
Text
IDA AYU ALIT ASTITI.pdf Download (25MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |