Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Berkunjung dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Wisatawan Pantai Watu Karung, Pacitan)

Hanifah, Raisa Lia and Riyadi, Dr., Drs, M.Si (2024) Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Berkunjung dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Wisatawan Pantai Watu Karung, Pacitan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik wisata dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan berkunjung, dengan minat berkunjung sebagai variabel intervening, pada wisatawan di Pantai Watu Karung, Pacitan. Metode penelitian yang digunakan adalah Partial Least Squares (PLS) untuk menguji hubungan antara variabel-variabel tersebut. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Selain itu, E-WOM juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat dan keputusan berkunjung. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi daya tarik wisata dan penyebaran informasi positif melalui media sosial, semakin tinggi pula minat dan keputusan wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Watu Karung. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi pengelola Pantai Watu Karung untuk meningkatkan strategi pemasaran dan memperbaiki fasilitas guna menarik lebih banyak wisatawan.

English Abstract

This study aims to analyze the influence of tourist attraction and Electronic Word of Mouth (E-WOM) on visit decisions, with visit interest as an intervening variable, among tourists at Watu Karung Beach, Pacitan. The research method used is Partial Least Squares (PLS) to test the relationships between these variables. Based on the analysis, it was found that tourist attraction has a positive and significant effect on visit interest and visit decisions. Additionally, E-WOM also has a positive and significant effect on visit interest and visit decisions. These findings indicate that the higher the tourist attraction and the dissemination of positive information through social media, the higher the tourists' interest and decision to visit Watu Karung Beach. The results of this study have implications for the management of Watu Karung Beach to enhance marketing strategies and improve facilities to attract more tourists

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030365
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung, Pantai Watu Karung-Tourist Attraction, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Visit Interest, Visit Decision, Watu Karung Beach.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 20 Sep 2024 05:34
Last Modified: 20 Sep 2024 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/224364
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raisa Lia Hanifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item