Amalia, Neysa Vashti and Prof. Dr. Ir. Surjono, MTP. and Johannes Parlindungan, ST., MT., Ph.D (2024) Arahan Perbaikan Taman Sempur Kota Bogor Berdasarkan Persepsi Pengunjung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keberadaan ruang publik di perkotaan merupakan hal yang penting yang berperan sebagai wadah aktivitas dan kegiatan bagi masyarakat. Ruang terbuka publik memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan pengguna dalam melakukan aktivitas yang dapat memberikan kesenangan, sehingga dalam perencanaan ruang publik harus mempertimbangkan berbagai aspek yang memerhatikan kebutuhan masyarakatnya. Ruang publik yang berkualitas memiliki tingkat responsif, tingkat demokrasi, dan memberikan makna, ketiga hal tersebut dapat diketahui apabila suatu ruang mampu memberikan kebutuan pengguna, melindungi hak pengguna, dan memberikan kesan yang baik. Taman Sempur Kota Bogor merupakan salah satu taman yang direvitalisasi pada tahun 2018 namun mengalami penurunan kualitas sehingga membutuhkan perbaikan serta belum optimalnya pelayanan dari Taman Sempur. Adanya indikasi permasalahan di Taman Sempur maka penelitian ini ditujukan untuk menyusun arahan perbaikan taman dalam meningkatkan kepuasan berdasarkan persepsi pengunjung. Penlitian dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi fisik taman dan menganalisis persepsi pengunjung terhadap empat dimensi meliputi dimensi fisik, dimensi aktivitas, dimensi sosial, dan dimensi meaning menggunakan analisis deskriptif dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini diakhiri dengan menggunakan analisis Potential Gain Customer Value (PGCV) untuk menentukan ranking prioritas perbaikan Taman Sempur. Perumusan arahan perbaikan pada Taman Sempur Kota Bogor dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting dengan hasil persepsi pengunjung. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat lima atribut yang dinilai membutuhkan perbaikan karena memiliki nilai kepentingan paling tinggi dan nilai kepuasan yang rendah. Atribut yang membutuhkan perbaikan diantaranya adalah fasilitas toilet, fasilitas parkir, pelayanan kantor keamanan, fasilitas lampu dan tempat sampah.
English Abstract
The existence of public spaces in urban areas is utmost importance as they serve as venues for community activities and interactions. In accordance with the function of public open spaces, which cater to the users' need for pleasurable activities, the planning of public spaces should consider various aspects that are attentive to the community's requirements. A high-quality public space exhibits responsiveness, democratic principles, and meaningfulness. These facets of public space can be observed through the space's capacity to accommodate user needs, protect user rights, and leave a positive impression on those who interact with it. Taman Sempur in Bogor City is a park complex that underwent revitalization in 2018 but has experienced a decline in quality, necessitating improvements and the optimization of its services. Recognizing issues in Sempur Park, the aim of this study is aimed to develop improvement guidelines for Sempur Park to enhance visitor satisfaction by analyzing their perceptions across four dimensions - physical, activity, social, and meaning. The study employs descriptive analysis and the Customer Satisfaction Index (CSI) analysis to identify the park's physical conditions and visitor perceptions. Furthermore, the Potential Gain Customer Value (PGCV) analysis is applied to determine the priority ranking for improvements. The research reveals five attributes that require improvement due to their high importance but low satisfaction ratings. Attributes in need of improvement include toilet facilities, parking facilities, security office services, lighting facilities, and waste disposal areas. The findings of this study could potentially provide valuable insights for park management to enhance visitor experiences and satisfaction, thereby contributing to the park's overall success.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524070073 |
Uncontrolled Keywords: | Ruang Terbuka Publik; Keberhasilan Ruang Publik; Persepsi Pengunjung. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 03:33 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215652 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Neysa Vashti Amalia.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |