Rizkiyah, Izzatul and Amelia Ika Pratiwi, SE., Ak., MSA. (2023) Analisa Efektifitas dan Persepsi Pelaku UMKM Penggunaan QRIS sebagai Alat Transaksi pada Merchant di Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
QRIS merupakan sebuah inovasi baru yang diluncurkan oleh Bank Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia yang diluncurkan tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun yaitu 17 Agustus 2019. QRIS diluncurkan sebagai standarisasi pembayaran non tunai yang berbasis QR Code sebagai pemersatu pembayaran non tunai berbasis QR Code di Indonesia. Dengan adanya QRIS ini merchant tidak perlu lagi menyediakan banyak QR Code untuk melayani para pembeli karna dengan 1 QR Code berlogo QRIS dapat membaca semua aplikasi pembayaran non tunai baik berupa uang elektronik server based, dompet elektronik dan mobile banking dan untuk menyederhanakan pembayaran non tunai berbasis QR Code tersebut pada tanggal 1 Januari 2020 semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran seperti OVO, GoPay, LinkAja, Bank Syariah Mandiri, dan lain-lain sudah harus menggunakan sistem QRIS sebagai pembayaran non tunai berbasis QR Code. Pada era revolusi Industri 4.0 UMKM harus beralih ke digital agar tidak tertinggal salah satunya dalam hal sistem pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pertama, sejarah Bank Indonesia meluncurkan QRIS sebagai alat pemersatu QR Code Sistem Pembayaran Nontunai. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi pada merchant disalah satu UMKM di Kota Malang khususnya di The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo 2) Bagaimana persepsi pelaku UMKM pada penggunaan QRIS sebagai alat transaksi di The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo. Adapun metode penelitian yang diterapak oleh penulis dalam memperoleh data ini adalah menggunakan teknik analisis dan deskripsi kualitatif. Penulis akan mengumpulkan data, mengolah data, dan menganalisis terkait efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi di The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo serta persepsi pelaku UMKM pada penggunaan QRIS sebagai alat transaksi di The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo. Hasil Penelitian ini, dapat disimpulkan 1)Efektivitas penggunaan QRIS pada transaksi The Daily Wash Landromat Cab. Malang mengacu pada pengukuran keberhasilan sistem informasi, terdapat 6 indikator yaitu diantaranya: Kualitas sistem, Kualitas informasi, Kualitas pelayanan, Pengguna, Kepuasan pengguna, dan Keuntungan bersih. Berdasarkan hasil analisis penulis dapat dikatakan efektif. Kemudian dengan adanya QRIS membantu merchant (UMKM) untuk melakukan pembayaran yang lebih praktis, cepat dan aman. Sehingga mereka merasa lebih efisien dalam melakukan transaksi di The Daily Wash Landromat Cab. Malang.
English Abstract
QRIS is a new innovation launched by Bank Indonesia in collaboration with the Indonesian Payment System Association which was launched right on the 74th anniversary of the independence of the Republic of Indonesia, namely August 17 2019. QRIS was launched as a standardization of non-cash payments based on the QR Code as a unifier for non-cash payments. QR Code-based cash in Indonesia. With QRIS, merchants no longer need to provide many QR Codes to serve buyers because with 1 QR Code with the QRIS logo it can read all non-cash payment applications in the form of server-based electronic money, electronic wallets and mobile banking and to simplify QR-based non-cash payments. As of January 1 2020, all Payment System Service Providers such as OVO, GoPay, LinkAja, Bank Syariah Mandiri, and others must use the QRIS system as a QR Code-based non-cash payment. In the era of the Industrial Revolution 4.0, MSMEs must switch to digital so they are not left behind, one of which is in terms of the payment system. This study aims to find out, First, the history of Bank Indonesia launching QRIS as a unifying tool for the QR Code Non- Cash Payment System. The purposes of this study are: 1) To determine the effectiveness of using QRIS in transactions at merchants in one of the MSMEs in Malang City, especially at The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo 2) What is the perception of MSME actors on the use of QRIS as a transaction tool at The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo. The research method used by the author in obtaining this data is to use analysis techniques and qualitative descriptions. The author will collect data, process data, and analyze the effectiveness of using QRIS in transactions at The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo and the perceptions of MSME actors on the use of QRIS as a transaction tool at The Daily Wash Landromat Cab. Dinoyo. From the results of this study, it can be concluded 1) The effectiveness of using QRIS on The Daily Wash Landromat Cab transactions. Malang refers to measuring the success of information systems, there are 6 indicators, namely: system quality, information quality, service quality, users, user satisfaction, and net profit. Based on the results of the author's analysis can be said to be effective. Then with QRIS it helps merchants (MSMEs) to make payments that are more practical, fast and safe. So they feel more efficient in making transactions at The Daily Wash Landromat Malang Branch.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, QRIS, Persepsi, UMKM |
Divisions: | Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215107 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
IZZATUL RIZKIYAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |