Purwanti, Natasya Diah and Anisya Sukmawati,, SE., MSA., Ak., CA., CPA., CRA., CRP. (2023) Analisis Tingkat Efektivitas Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Nganjuk Tahun 2020-2022 (Selama dan Sesudah Covid-19). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penerimaan retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Nganjuk selama dan sesduah covid-19 serta upaya yang dapat dilakukan oleh Bapenda untuk meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar. Dalam penelitian ini, penulis memilih Bapenda Kabupaten Nganjuk sebagai objek penelitian agar mengetahui kefektifan penerimaan retribusi pelayanan pasar di Kabupaten Nganjuk selama dan sesudah covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara serta dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Realisasi penerimaan retribusi pelayanan pasar selama adanya covid-19 yakni pada tahun 2020 dan 2021 tidak melebihi target dan memiliki presentase kefektifan sebesar 84 % dan 27% yang artinya penerimaan retribusi pasar pada tahun tersebut tidak efektif. (2) Realisasi retribusi pelayanan pasar pada sesudah covid-19 yakni tahun 2022 mengalami kenaikkan dan mencapai target yang ditentukan.(3) Dengan demikian dari data yang ada penerimaan retribusi pelayanan pasar menunjukkan hasil yang tidak stabil jika di rata-rata penerimaan retribusi pelayanan pasar pada tahun 2020-2022 masih dibwah 100% yang artinya tidak efektif.(4) Menurut penulis upaya yang dapat dilakukan adalah meratakan revitalisasi pasar.
English Abstract
This study aims to determine the effectiveness of receiving market service fees in Nganjuk Regency during and after Covid-19 and the efforts that can be made by Bappenda to increase acceptance of market service fees. In this study, the authors chose the Nganjuk Regency Bapenda as the research object in order to find out the effectiveness of receiving market service fees in Nganjuk Regency during and after Covid-19. This study uses a descriptive research method with a qualitative approach. Data collection techniques used are interviews and documentation. From the results of the study it is known that: (1) Realization of receipt of market service fees during the Covid-19 situation, namely in 2020 and 2021 did not exceed the target and had an effectiveness percentage of 84% and 27%, which means that receipt of market fees in those years was not effective. (2) The realization of market service fees after Covid-19, namely in 2022, has increased and reached the specified target. (3) Thus, from the existing data, the acceptance of market service fees shows unstable results if on average the receipt of market service fees in 2020-2022 it is still below 100%, which means it is not effective. (4) According to the author, the effort that can be done is to level out market revitalization.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170136 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Retribusi Pelayanan Pasar, Covid-19.Effectiveness, Market Service Retribution,Covid-19 |
Divisions: | Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 07:18 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 07:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204282 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natasya Diah Purwanti.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |