Strategi Pengurangan Antrean Melalui Digital Saving Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta

Adella, Jauza and Anisya Sukmawati,, SE., M.SA., AK (2023) Strategi Pengurangan Antrean Melalui Digital Saving Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan terknologi membuat perbankan mengikuti perkembangan zaman dengan melengkapi layanan kepada nasabah untuk beralih ke layanan berbasis digital banking. Permasalahan dari penelitian ini yaitu antrean dan kendala yang dihadapi dalam penerapan digital saving terhadap layanan serta pengurangan antrean yang ada pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi dalam mengotimalkan layanan serta antrean pembukaan rekening dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan digital saving terhadap layanan serta pengurangan antrean. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan Asisstant Manajer Oprasional dan Costumer Service pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari observasi dan wawancara dijabarkan dalam bentuk paragraf deskripsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya strategi pembukaan rekening online melalui website digital saving antrean pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Malang Soekarno Hatta dapat berkurang dan layanan dapat lebih efisien. Penelitian ini menghasilkan beberapa strategi agar nasabah segera menggunakan digital saving, yaitu melakukan penyebaran informasi pada social media, petugas layanan, maupun media cetak serta memberikan edukasi terkait pembukaan dan penggunaan digital saving pada nasabah. Namun dalam penerapannya masih ada beberapa kendala yang menghambat, seperti nasabah yang tidak memiliki handphone, koneksi tidak stabil, dan data yang tidak sesuai dengan dispendukcapil. Adapun strategi untuk meminimalisir kendala tersebut yaitu customer service membantu pembukaan rekening nasabah melalui gadget yang dimiliki pihak bank, dan memberikan arahan kepada nasabah untuk menyesuaikan data sesuai dengan dispendukcapil.

English Abstract

Advances in technology make banks keep up with the times by completing services for customers to switch to digital banking-based services. The problems of this study are queues and obstacles faced in the application of digital saving to services and reducing queues at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Malang Soekarno Hatta Branch Office. The purpose of this study is to determine strategies in optimizing services and account opening queues and find out the obstacles faced in implementing digital saving for services and reducing queues. This research is in the form of descriptive qualitative research with data collection through observation and interviews with Assistant Operational Managers and Customer Service at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Malang Soekarno Hatta Branch Office and Documentation. The data obtained from observations and interviews are described in the form of description paragraphs. The results of this study concluded that with the strategy of opening an online account through a digital saving queue website at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Malang Soekarno Hatta Branch Office can be reduced and services can be more efficient. This research resulted in several strategies so that customers immediately use digital saving, namely disseminating information on social media, service officers, and print media and providing education related to the opening and use of digital saving to customers. However, in its application, there are still several obstacles that hinder, such as customers who do not have mobile phones, unstable connections, and data that is not in accordance with dispendukcapil. The strategy to minimize these obstacles is customer service to assist in opening customer accounts through mobile phones owned by the bank, and providing direction to customers to adjust data in accordance with dispendukcapil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170090
Uncontrolled Keywords: Strategi, Antrean, Digital Saving-Strategy, Queue, Digital Saving
Divisions: Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:46
Last Modified: 02 Nov 2023 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204153
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jauza Adella.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item