Diva, Alicia Maya and San Rudiyanto, S.E.,Ak.,CA.,MSA (2023) Implementasi Strategi Pemasaran Kredit Usaha Mikro Untuk UMKM Pada Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kredit Usaha Mikro merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan sumber pembiayaan berupa pemberian pinjaman kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan melalui beberapa perbankan di Indonesia salah satunya yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran kredit usaha mikro untuk UMKM pada Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang dan untuk mengetahui keefektifan serta kendala saat memasarkan kredit yang dihadapi oleh Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan peneliti, wawancara dengan kepala unit dan mantri Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari observasi dan wawancara dijabarkan dalam bentuk paragraf deskripsi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Bank BRI Unit Soekarno Hatta menggunakan strategi pemasaran dalam memasarkan KUR yaitu konsep bauran pemasaran dengan bentuk pemasaran langsung dan tidak langsung. Pengimplementasian strategi pemasaran kredit usaha mikro pada Bank BRI Unit Soekarno Hatta efektif dengan adanya kenaikan jumlah debitur dan jumlah pinjaman setiap bulannya.
English Abstract
Micro Business Credit is one of the government's programs in order to increase sources of financing in the form of providing loans to Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) through People's Business Credit (KUR) which is channeled through several banks in Indonesia, one of which is PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. This research aims to find out how the implementation of micro business credit marketing strategies for MSMEs at Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang and to find out the effectiveness and obstacles when marketing credit faced by Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang. This research uses descriptive qualitative methods, namely with data collection techniques through observations made by researchers, interviews with the head of the unit and mantri Bank BRI Unit Soekarno Hatta Malang, and documentation. The data that has been obtained from observations and interviews is described in the form of description paragraphs. The results of this research show that Bank BRI Soekarno Hatta Unit uses marketing strategies in marketing KUR, namely the marketing mix concept in the form of direct and indirect marketing. The implementation of the micro business credit marketing strategy at Bank BRI Unit Soekarno Hatta is effective with an increase in the number of debtors and the number of loans every month.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170021 |
Uncontrolled Keywords: | Kredit Usaha Mikro, Strategi Pemasaran Kredit, Kredit Untuk UMKM-Micro Business Credit, Credit Marketing Strategy, Credit for MSMEs |
Divisions: | Program Vokasi > Keuangan dan Perbankan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/204030 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alicia Maya Diva.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |