Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Spaylater pada Aplikasi Shopee (Survei pada Mahasiswa/i Aktif Perguruan Tinggi di Kota Malang)

Putri, Sandra Eka Setya and Riyadi, Dr., Drs, M.Si (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Spaylater pada Aplikasi Shopee (Survei pada Mahasiswa/i Aktif Perguruan Tinggi di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan: (1) Persepsi Kemudahan terhadap Penggunaan Spaylater. (2) Persepsi Manfaat terhadap Penggunaan Spaylater. (3) Social Influence terhadap Penggunaan Spaylater. (4) Gaya Hidup terhadap Penggunaan Spaylater. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 95 orang responden. Responden yang menjadi sampel merupakan Mahasiswa/i aktif perguruan tinggi di Kota Malang yang menggunakan aplikasi Shopee dan fitur Spaylater. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan (X1) berpengaruh signifikan Penggunaan Spaylater (Y). Hal ini terbukti dari nilai signifikansi 0,034 (p<0,05). Persepsi Manfaat (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Spaylater (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,025 (p<0,05). Social Influence (X3) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Spaylater (Y). Hal itu dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,021 (P>0,05). dan, Gaya Hidup (X4) berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan Spaylater (Y). Hal itu dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,033 (P>0,05).

English Abstract

This study aims to examine and explain: (1) Perceived Ease of Use of Spaylater. (2) Perceived Benefits of Spaylater Use. (3) Social Influence on Spaylater Use. (4) Lifestyle towards Spaylater Use. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling with a sample of 95 respondents. Respondents who became the sample were active tertiary students in Malang City who used the Shopee application and the Spaylater feature. The data collection method used is a questionnaire. The data analysis technique in this study is descriptive statistical analysis and Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that Perceived Ease of Use (X1) has a significant effect on The Use of a Spaylater (Y). This is evident from the significance value of 0.034 (p <0.05). Perceived Benefits (X2) also have a significant effect on The Use of a Spaylater (Y). This is evidenced by a significance value of 0.025 (p <0.05). Social Influence (X3) has a significant effect on The Use of a Spaylater (Y). This is evidenced by a significance value of 0.021 (P> 0.05). and, lifestyle (X4) has a significant effect on The Use of a Spaylater (Y). This is evidenced by a significance value of 0.033 (P> 0.05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030244
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Social Influence, Gaya Hidup, Penggunaan Spaylater
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:48
Last Modified: 31 Oct 2023 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203956
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SANDRA EKA SETYA PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item