Cahyani, Suntari Nur and Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan,, MS. and Neza Fadia Rayesa, S.TP., M.Sc (2023) Analisis Pengaruh Sustainable Marketing Mix Terhadap Minat dan Keputusan Pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi Kecamatan Bumiaji Kota Batu Pasca Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 memberikan dampak negatif pada berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata yang mengalami penurunan jumlah wisatawan yang sangat besar. Berdasarkan data BPS (2022) terdapat penurunan jumlah pengunjung objek wisata dan wisata oleh-oleh di Kota Batu sebesar 3.017.752 orang dari tahun 2019 hingga 2021. Penurunan pengunjung tersebut juga terjadi di Agrowisata Lumbung Stroberi. Dampak negatif yang timbul akibat adanya Pandemi Covid-19 diikuti dengan adanya dampak positif berupa perubahan pola hidup masyarakat yang lebih peduli dengan kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan. Agrowisata Lumbung Stroberi perlu meningkatkan strategi sustainable marketing yang telah diterapkannya. Sustainable marketing dipilih karena fokus pada 3 aspek yang meliputi aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Marketing mix atau bauran pemasaran yang digunakan dalam konsep sustainable marketing yakni bauran pemasaran 4C yang meliputi customer solution, customer cost, communication, dan convenience. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap minat dan keputusan pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi melalui konsep Sustainable Marketing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan penentuan sapel elalui accidental sapling karena peneliti tidak mengetahui jumlah populasi pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi secara pasti. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni sebanyak 140 orang responden. Pengupulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang berisi 14 butir pertanyaan yang telah dibuat berdasaran skala likert dan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi literatur yang relevan. Metode analisis data yang dilakukan yakni analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS menggunakan software WarpPLS version 7.0. Hasil Penelitian yang diperoleh yakni Agrowisata Lumbung Stroberi telah menerapkan strategi sustainable marketing melalui bauran pemasaran 4C yang terdiri dari customer solution, customer cost, communication, dan convenience dengan baik. Variabel bauran pemasaran customer solution memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat pengunjung namun memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan pengunjung, dan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pengunjung melalui minat pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi. Variabel bauran pemasaran customer solution memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap minat pengunjung namun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pengunjung, dan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel keputusan pengunjung melalui minat pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi. Variabel bauran pemasaran communication memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap minat pengunjung namun memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pengunjung, dan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap variabel keputusan pengunjung melalui minat pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi. Variabel bauran pemasaran convenience memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat pengunjung, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pengunjung, dan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pengunjung melalui minat pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi.Variabel minat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi. Peningkatan minat akan diikuti dengan peningkatan keputusan pengunjung Agrowisata Lumbung Stroberi. Saran bagi BUMDes Raharjo selaku pengelola Agrowisata Lumbung Stroberi yaitu agar meningkatkan fokus terhadap variabel customer solution dan convenience. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan fasilitas-fasilitas penunjang agrowisata sehingga dapat digunakan oleh pengunjung dalam memenuhi kebutuhannya saat berwisata. Agrowisata Lumbung Stroberi juga perlu membranding wisata petik stroberi dengan mengusung keberlanjutan baik dari sisi sosial, ekonomi, dan lingkungan dengan menonjolan ciri khas Agrowisatanya.
English Abstract
The Covid-19 pandemic in early 2020 had a negative impact in various sectors, including the decrease of the number of tourist in tourism sector. Based on BPS data (2022), there are decrease in the number of visitors to tourist attractions and souvenir tours in the City of Batu by 3,017,752 people from 2019 to 2021. Decrease in visitors This also happened in the Lumbung Strawberry Agrotourism. Covid-19 pandemic has had a positive impact in the form of changes in people's lifestyles that are more concerned with cleanliness, health, and environmental sustainability. Lumbung Strawberry Agrotourism needs to improve the sustainable marketing researchers choose sustainable marketing because it focuses on three aspects which include social, economic, and social aspects environment. The marketing mix in the concept of sustainable marketing, namely the 4C marketing mix taht includes customer solution, customer cost, communication, and convenience. This study aims to analyze the factors that influence the interest and decisions of Lumbung Strawberry Agrotourism visitors through the Sustainable Marketing concept. This research use a quantitative approach to determine the sample through accidental sapling because the researcher did not know the population size of Lumbung Strawberry Agrotourism visitors. The number samples in this study is 140 respondents. Primary data collection use a questionnaire containing 14 questions based on the Likert scale, and then secondary data collection is done by studying the relevant literature. Data analysis method are descriptive analysis and SEM-PLS analysis using software WarpPLS version 7.0 The research results obtained that Lumbung Strawberry Agrotourism can implement a sustainable marketing strategy through the 4C marketing mix customer solutions, customer costs, communication, and convenience well. Marketing mix variable customer solution has influence significant positive effect on visitor interest but has insignificant effect on visitor decisions, and has a positive influence significantly on the visitor decision variable through visitor interest Strawberry Granary Agrotourism. The customer solution marketing mix variable has no significant positive effect on visitor interest however have a significant influence on visitor decisions, and have no significant positive effect on the visitor decision variable through the interest of visitors to Strawberry Granary Agrotourism. Marketing mix variables communication has a positive but not significant effect on interest visitors however has a significant influence on decisions visitors, and has no significant positive effect on variables visitors' decisions through visitor interest Agrotourism Strawberry Granary. The convenience marketing mix variable has a significant positive effect on visitor interest, has a significant influence on decisions for visitors, and has a significant positive effect on decision variables visitors through visitor interest Agrotourism Strawberry Granary. Variable interest has a significant positive effect on decision variables Strawberry Granary Agrotourism visitors An increase in interest will be followed by an increase in visitor decisions for Strawberry Granary Agrotourism. Suggestions for BUMDes Raharjo as the manager of Strawberry Granary Agrotourism is to increase the focus on variables customer solutions and convenience. This can be done by adding agro-tourism supporting facilities so that they can be used by visitors in meeting their needs while traveling. Strawberry Granary Agrotourism too needs to compare strawberry picking tourism by promoting good sustainability in terms of social, economic, and environmental with prominent features of Agrotourism.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523040296 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 01:23 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 01:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/203333 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Suntari Nur Cahyani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |