Persepsi Halal Menurut Orang Indonesia pada Produk dan Tempat Makan Berlogo “Halal” di Jepang

AbdiEsa, Fariqu Azalia and Laily Amalia Savitri, S.S., M.Si. (2022) Persepsi Halal Menurut Orang Indonesia pada Produk dan Tempat Makan Berlogo “Halal” di Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketersediaan makanan halal di negara dengan penduduk mayoritas non-muslim menjadi tantangan tersendiri bagi orang asing beragama Islam yang tinggal di Jepang, khususnya bagi orang Indonesia yang saat ini tinggal di Jepang. Perbedaan tindakan yang dilakukan dalam proses mendapatkan makanan halal bergantung pada pandangan terhadap logo halal di Jepang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan persepsi orang Indonesia terhadap logo halal pada produk dan tempat makan di Jepang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dekriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini didapat dari hasil wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada penelitian ini, latar belakang keluarga, kondisi lingkungan tempat kerja dan tempat tinggal, serta perilaku narasumber dalam mendapatkan dan mengonsumsi makanan sehari-hari menjadi faktor yang turut diperhitungkan dalam melakukan analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat narasumber yang diwawancarai, semuanya menyatakan yakin terhadap logo halal yang ada di Jepang. Hal ini disebabkan oleh keyakinan keempat narasumber mengenai pencantuman logo halal yang sudah pasti melalui prosedur dan syarat-syarat yang harus terpenuhi dan syariat agama Islam. Namun, adanya latar belakang keluarga dan aktivitas sehari-hari yang dilakukan seseorang juga ikut berpengaruh terhadap tindakannya dalam merepresentasikan persepsi dan pandangannya mengenai konsep halal di negara dengan budaya dan mayoritas agama yang berbeda dari negara asal.

Other obstract

日本に住むムスリム外国人、特に現在日本に住んでいるインドネシア人にとって、非ムスリムマジョリティーの国でのハラールフードの入手は課題である。日本におけるハラルマークの見方によって、ハラルフード入手の過程でとるべき行動が異なる。そこで、本研究では、日本国内の製品や飲食店におけるハラルマークに対するインドネシア人の認識を説明するために実施した。 本研究では、現象学的アプローチによる記述的質的方法を用いている。本研究のデータソースは、インタビュー、文書、文献調査から得たものである。本研究では、家族背景、職場や住居の環境条件、またインタビュー対象者の日常的な食物の入手や消費における行動が、分析を行う上で考慮される要因である。 本研究の結果、4人のインタビュー対象者のうち、全員が日本のハラールマークに自信を示していることがわかった。これは、満たさなければならない手続きや条件、イスラム教の宗教法を通じて確実に存在するハラールマークの搭載に関して、4人のインタビュー対象者が確信を持っているためである。しかし、母国とは異なる文化や宗教的多数派を持つ国において、ハラールという概念に対する認識や見解を表すためには、家庭環境や日常的な活動も行動に影響を与えるのある。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120280
Uncontrolled Keywords: halal, persepsi, fenomenologi, logo halal, ハラール、感知、現象学、ハラールマーク
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 May 2023 06:19
Last Modified: 10 May 2023 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199251
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fariqu Azalia AbdiEsa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item