Fadhilah, Farah and Laily Amalia SavitriS.S., M.Si., S.S., M.Si. (2022) Representasi Kecantikan di Jepang dalam Iklan Peringatan 150 Tahun Shiseido 「美しさとは、人のしあわせを願うこと。」60秒篇. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perusahaan kecantikan di Jepang bernama Shiseido merilis sebuah iklan peringatan 150 tahun pada situs YouTube yang berjudul “Utsukushisa to wa, Hito no Shiawase o Negau koto. Rokujuubyou-hen” 「美しさとは、人のしあわせを願うこと。」60秒篇 yang menampilkan kecantikan di Jepang dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan representasi kecantikan di Jepang yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta menggunakan metode studi kepustakaan dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data penelitian ini adalah iklan peringatan 150 tahun Shiseido yang berjudul「美しさとは、人のしあわせを願うこと。」60秒篇, yang kemudian dianalisis dengan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecantikan yang direpresentasikan oleh Shiseido dikaitkan dengan peran, usia, penggunaan pakaian, dan penggunaan kosmetik. Kecantikan juga mencakup setiap orang. Hal ini digambarkan dengan sosok kecantikan perempuan yang memiliki peran sebagai ryousai kenbo, modern girl, Miss Shiseido, sengyou shufu (ibu rumah tangga), perempuan tua yang menggunakan produk tanning, perempuan seksi dan menggoda yang mengggunakan gaya fesyen Amerika, perempuan pencari kerja yang akhirnya dapat bekerja, perempuan tunanetra, laki-laki pelaku genderless fashion, dan perempuan tua yang percaya diri dan bahagia. Kecantikan juga digambarkan sebagai sesuatu yang dapat membuat bahagia.
Other obstract
資生堂という日本の美容企業が、YouTubeで「美しさとは、人のしあわせを願うこと。60秒篇」と題して、日本の美を折に触れて特集する150周年記念広告を公開した。本研究は、広告に示された日本の美の表象について説明することを目的としている。 この研究は、記述的アプローチによる定性的研究であり、データ収集には文献調査や文書作成法を用いている。資生堂の150周年記念広告「美しさとは、人のしあわせを願うこと。60秒篇」を一次データとし、チャールズ・サンダース・パースの記号論で分析する。 本研究の結果は、資生堂が代表する美しさは、役割、年齢、衣服の使用、化粧品の使用、人の限界と関連していることが理解されている。美しさにはすべての人も含まれる。これは、良妻賢母、モダンガール、ミス・シセイドウ、専業主婦、日焼けの化粧品を使用する老婦人、アメリカのファッションスタイルを取り入れたセクシーで魅惑的な女性、働くことができる求職者の女性、視覚障害者の女性、ジェンダーレスファッションを実践する男性、自信を持って幸せな老婦人からの美しさによって示されている。美しさはまた、人を幸せにすることができるものとして説明されている。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522120276 |
Uncontrolled Keywords: | kecantikan, iklan, semiotika, representasi, 美しさ、広告、記号論、表象 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 10 May 2023 03:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199239 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farah Fadhilah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |