Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sman 6 Malang

Sachputra, Sofyan Syukrian and Dr. Sri Aju Indrowaty,, S.Pd., M.Pd. (2022) Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sman 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) Mengetahui seberapa efektif pembelajaran daring dan luring pada siswa SMAN 6 Malang. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran daring dan luring kelas Bahasa Jepang siswa SMAN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan indikator angket sesuai dengan teori Slavin dan Carrol (1994) terkait unsur-unsur pembelajaran efektif. Unsur-unsur tersebut adalah kualitas pembelajaran, tingkat pembelajaran yang sesuai, penghargaan/ganjaran, dan waktu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data terkait variabel efektivitas pembelajaran daring dan luring kelas Bahasa Jepang siswa SMAN 6 Malang (Variabel X). Sedangkan data terkait variabel hasil belajar siswa SMAN 6 Malang digunakan nilai ulangan siswa tahun ajaran 2020/2021 sebagai hasil belajar daring dan nilai ulangan siswa tahun ajaran 2021/2022 sebagai hasil belajar luring. Dari penghitungan data penelitian diketahui bahwa hasil skor angket efektivitas pembelajaran daring dan luring termasuk dalam kategori “Efektif” dengan masing-masing persentase daring sebesar 71% dan luring sebesar 74%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap hasil belajar siswa kelas 12 BSBU (Bahasa dan Budaya), didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) Mengetahui seberapa efektif pembelajaran daring dan luring pada siswa SMAN 6 Malang. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara pembelajaran daring dan luring kelas Bahasa Jepang siswa SMAN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan indikator angket sesuai dengan teori Slavin dan Carrol (1994) terkait unsur-unsur pembelajaran efektif. Unsur-unsur tersebut adalah kualitas pembelajaran, tingkat pembelajaran yang sesuai, penghargaan/ganjaran, dan waktu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data terkait variabel efektivitas pembelajaran daring dan luring kelas Bahasa Jepang siswa SMAN 6 Malang (Variabel X). Sedangkan data terkait variabel hasil belajar siswa SMAN 6 Malang digunakan nilai ulangan siswa tahun ajaran 2020/2021 sebagai hasil belajar daring dan nilai ulangan siswa tahun ajaran 2021/2022 sebagai hasil belajar luring. Dari penghitungan data penelitian diketahui bahwa hasil skor angket efektivitas pembelajaran daring dan luring termasuk dalam kategori “Efektif” dengan masing-masing persentase daring sebesar 71% dan luring sebesar 74%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap hasil belajar siswa kelas 12 BSBU (Bahasa dan Budaya), didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120197
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran efektif, Pembelajaran daring, pembelajaran luring, hasil belajar
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 May 2023 02:50
Last Modified: 03 May 2023 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/198481
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sofyan Syukrian Sachputra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item