Analisis Respons Siswa Terhadap Penggunaan Media Video Pembelajaran Youtube Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Di Sman 6 Malang.

Wira Uswatun Hasanah, Silvi (2022) Analisis Respons Siswa Terhadap Penggunaan Media Video Pembelajaran Youtube Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Di Sman 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Terjadinya perubahan sistem pembelajaran di Indonesia dari tatap muka menjadi daring mengakibatkan munculnya banyak inovasi yang dilakukan oleh guru sebagai upayanya dalam menjembatani proses pembelajaran sehingga pembelajaran tetap dapat berjalan dengan optimal di ruang yang terbatas. Pada pembelajaran Bahasa Jepang di SMAN 6 Malang guru juga telah melakukan sebuah inovasi pembelajaran dengan melakukan pemanfaatan media berupa video pembelajaran YouTube dalam proses pembelajarannya. Namun, tentunya dalam sebuah pembelajaran diperlukan sebuah refleksi agar guru dapat mengetahui kendala-kendala serta masalah apa saja yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Karenanya, pada penelitian ini akan dibahas terkait bagaimana respons siswa terhadap media video pembelajaran YouTube sebagai bentuk refleksi dari pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kuantitatif dimana data yang didapat berupa angka yang berasal dari perhitungan kuisioner yang kemudian dianalisis dan dideskripsikan menggunakan kata-kata. Untuk mengukur respons siswa dalam penelitian ini digunakan kuisioner dengan indikator-indikator yang terdapat pada kuisioner yang disusun pada penelitian yang dilakukan oleh Nurlatipah (2015) dan dikembangkan lagi oleh Lijana dkk (2018) yakni respons terhadap media diukur dengan melihat pada aspek tanggapan dan aspek reaksi. Adapun indikator pada aspek reaksi berupa format dan relevansi sementara indikator pada aspek reaksi berupa ketertarikan, kepuasan serta percaya diri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa respons siswa terhadap media video pembelajaran YouTube yang digunakan pada aspek tanggapan berada pada rentang baik, sementara pada aspek reaksi respons yang ditunjukkan oleh siswa berada pada rentang cukup baik. Meskipun demikian, evaluasi serta pengembangan lebih lanjut dari video pembelajaran YouTube masih perlu dilakukan terutama pada aspek reaksi sehingga pembelajaran akan dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120134
Uncontrolled Keywords: Respons, Media, YouTube, Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:06
Last Modified: 24 Jan 2023 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/196900
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Silvi Wira Uswatun Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item