Komodifikasi Sebuah Budaya: Pengembangan Pariwisata Jepang Melalui Produksi Mass Culture di Kuil Ryohoji

Kancanadewi, Aisyah Bellatrix and Esther Risma Purba, M.Si (2022) Komodifikasi Sebuah Budaya: Pengembangan Pariwisata Jepang Melalui Produksi Mass Culture di Kuil Ryohoji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan komodifikasi yang terjadi di dalam Kuil Ryohoji sebagai objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengangkat mengenai isu pemanfaatan budaya dalam menghasilkan sebuah keuntungan serta pengaruh yang disebabkan oleh pemanfaatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat identitas budaya apa yang digunakan oleh Kuil Ryohoji dalam tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan di Kuil Ryohoji menggunakan teori komodifikasi dan industri budaya menurut Theodor W. Adorno dan Max Horkheimer serta konsep tradisi oleh Robert E. Wood. Sehubungan dengan digunakannya budaya populer atau budaya massa sebagai bentuk dari soft power dalam upayanya menarik pengunjung, Kuil Ryohoji terkena berbagai macam pengaruh dan rintangan seperti banyaknya perubahan rutinitas yang terjadi hingga komentar pro dan kontra yang didapat dari lingkungan sekitar. Strategi soft power menggunakan budaya populer ini merupakan salah satu strategi Cool Japan dalam upaya Jepang dalam menarik pengunjung di ranah internasional. Hasil dari penelitian ini, ditemukannya perubahan drastis dalam Kuil Ryohoji. Kuil Ryohoji menggabungkan budaya populer dan budaya keagamaan dalam rangka untuk menarik pengunjung untuk datang. Pada awalnya, upaya ketua biksu yang bernama Nakazato Nichiko dalam menarik pengunjung adalah hanya membuat papan tulisan bergambar karakter budaya populer. Namun, setelah beberapa perundingan dengan pihak kuil, pada akhirnya bahkan acaraacara budaya populer juga dilakukan di dalam area kuil. Kuil juga melakukan kolaborasi dengan perusahaan bernama Hachifuku dalam pembuatan produkproduk kuil yang sudah didesain dengan karakter budaya populer. Produk-produk tersebut, seperti ema, omamori, serta produk-produk kuil lainnya. Dalam penelitian ini juga ditemukannya beberapa komentar pro dan kontra terhadap perubahan kuil ini yang menyebabkan perbedaan pendapat dari lingkungan sekitar kuil.

English Abstract

-

Other obstract

この研究では、了法寺の中で起こる商品化を研究対象としている。そし て、利益を生み出すための文化活用と、その活用によって引き起こされる 効果について問題提起した研究である。 本研究では、テオドール・W・アドルノとマックス・ホルクハイマーに よる商品化・文化産業論とロバート・E・ウッドによる伝統の概念を用い て、了法寺の参拝者数を増加させるために、どのような文化的アイデンテ ィティが用いられているかを明らかにすることを目的とするものである。 了法寺は、ソフトパワーとしての大衆文化やマスカルチャーを利用した集 客活動により、日常的なことの変化や、近隣住民から寄せられる賛否両論 のコメント、様々な影響や障害にさらされている。この大衆文化を利用し たソフトパワーストラテジーは、日本が国際社会で集客を図る上で、クー ルジャパンストラテジーの一つである。 この研究の結果、了法寺に劇的な変化が見られるようになった。了法寺 は、大衆文化と宗教文化を融合させ、訪れる人を魅了する。当初、中里日 孝住職が試みたのは、大衆的なキャラクターの絵が描かれた看板を作るこ とであったが、寺の担当者と交渉して、最終的には境内で大衆文化的なイ ベントも開催されるようになった。また、「八福」という会社とコラボし て、人気キャラクターをデザインした神具も作っている。絵馬や御守など、 神社にまつわる商品である。絵馬や御守など、神社にまつわる商品だ。こ の調査では、神社の変化に対する賛否両論のコメントも見つかり、神社周 辺の近隣住民の方々の意見も異なることがわかりました。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120011
Uncontrolled Keywords: Budaya Massa, Budaya Populer, Cool Japan, Komodifikasi Soft Power, 大衆文化、民衆文化、クール・ジャパン、商品化、ソフトパ ワー
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:19
Last Modified: 27 Sep 2022 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/194953
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisyah Bellatrix Kancanadewi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item