Pengembangan Kapasitas Tenaga Pendidik Di Kota Malang (Studi Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Malang).

Arya, Mustika Putri and Dr. Moch. Rozikin, MAP (2020) Pengembangan Kapasitas Tenaga Pendidik Di Kota Malang (Studi Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tenaga Pendidik merupakan salah satu bagian penting di dalam lingkungan pendidikan di Indonesia, sekaligus salah satu unsur penentu kualitas pendidikan. Oleh karenanya, peningkatan kualitas tenaga pendidik yang bermanfaat pada kualitas pendidikan menjadi salah satu turunan dari berbagai kegiatan lain di dalamnya. Hal ini menjadi daya tarik dalam penelitian ini. Peningkatan kapasitas tenaga pedidik tersebut diupayakan dengan membangun kualitas profesinya. Secara normatif, hal tersebut dituangkan dalam berbagai peraturan, hingga termahktub dalam dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya kualitas dari kapasitas tenaga pendidik. Penelitian dengan motode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka ini dilakukan di lingkungan pendidikan dasar Kota Malang. Penelitian ini mencoba menggali tentang upaya pengembangan kapasitas tenaga pendidik, upaya yang dilakukan guru sebagai tenaga pendidik dalam pengembangkan kapasitas profesionalismenya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengambangan kapasitas tenaga pendidik di Kota Malang.

English Abstract

Educators are an important part of the education environment in Indonesia, as well as one of the determinants of the quality of education. Therefore, improving the quality of educators who are beneficial to the quality of education is one derivative of various other activities in it. This is the main attraction in this study. Efforts to increase the capacity of these educators by developing the quality of their profession. Normatively, this is stipulated in various regulations, including in the Minister of State Empowerment and Bureaucratic Reform Regulation Number 16 of 2009 concerning Teacher Functional Position and Credit Score which aims to improve the quality of education, especially the quality of the capacity of educators. Research with a qualitative method with a literature study approach was conducted in the basic education environment of Malang City. This study tries to explore the efforts to develop the capacity of educators, the efforts of teachers as educators in developing their professional capacity, and the factors that influence the implementation of capacity building of educators in the city of Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520030158
Uncontrolled Keywords: Tenaga Pendidik, Pengembangan Kapasitas, Teaching Staff, Capacity Building.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:43
Last Modified: 02 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/192773
[thumbnail of fix - Mustika Putri Arlya.pdf] Text
fix - Mustika Putri Arlya.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item