Suksesi Dalam Bisnis Keluarga (Studi Pada Bisnis Perlengkapan Militer Cv. Tumiran Kabupaten Tulungagung)

Zaki, Achmad (2018) Suksesi Dalam Bisnis Keluarga (Studi Pada Bisnis Perlengkapan Militer Cv. Tumiran Kabupaten Tulungagung). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses suksesi dalam perusahaan keluarga yang berjalan dengan baik, sehingga generasi penerus mampu mengembangkan perusahaan yang telah didirikan oleh generasi sebelumnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pada CV. Tumiran sebagai suatu bisnis perlengkapan militer di Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses suksesi pada CV. Tumiran tidak mengikuti model suksesi perusahaan keluarga yang dikemukakan oleh Bretton et al. dalam Susilo (2006), khususnya tahapan pertama dan tahapan kedua. Tahapan pertama yaitu pembangunan pondasi dan tahapan kedua yaitu pengembangan calon potensial oleh generasi sebelumnya tidak dilakukan oleh Bapak Tumiran sebagai generasi pertama. Tahapan suksesi yang berjalan pada CV. Tumiran adalah tahapan ketiga dan tahapan keempat. Tahapan ketiga yaitu proses seleksi calon generasi penerus perusahaan dan tahapan keempat yaitu menyerahkan seluruh kekuasaan kepada calon yang terpilih. Timbul konflik dalam proses pemilihan/penentuan pimpinan usaha, namun melalui rapat/musyawarah dengan seluruh anggota generasi kedua dan menghasilkan kesepakatan bahwa tiga dari enam anak Bapak Tumiran masuk ke dalam struktur organisasi CV. Tumiran, sedangkan tiga anak Bapak Tumiran yang lainnya mendirikan usaha sendiri namun masih dengan pengembangan CV. Tumiran. Proses suksesi pada CV. Tumiran mengikuti teori yang dikemukakan oleh Chittor & Das (2007) bahwa faktor-faktor yang menyebabkan suksesi bisnis keluarga menjadi lebih efektif adalah faktor yang terkait dengan pendahulu, faktor yang terkait dengan penerus, faktor yang terkait dengan keluarga, faktor yang terkait dengan bisnis, dan proses suksesi yang terkait.

English Abstract

This study aimed at explaining the strategies of success in running family- owned enterprise to enable the next generation to develop the company which had been established by previous generations. This was a qualitative research with a case study approach conducted on military equipment business in Tulungagung Regency. The results of this study indicated that the strategies of success in family-owned companies were through the process of selection of candidates for the next generation of the company and handing over all power to the elected candidates. Conflicts emerged inside the process of selection or determination of business leaders, but through meetings or deliberation with all members of the second generation and produced agreement that three of the six children of the family went into the organizational structure to manage the business. While the other three children set up their own business, however the three children were still related in the development of family companies.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.045/ZAK/s/2018/041803782
Uncontrolled Keywords: Suksesi, Bisnis Keluarga,-Succession, Family Business
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.04 Management of enterprises of specific forms > 658.045 Corporations
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:12
Last Modified: 16 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191260
[thumbnail of ACHMAD ZAKI.pdf] Text
ACHMAD ZAKI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item