Analisis Produktivitas Pekerja Pada Billing Service Dengan Metode Work Sampling (Studi Kasus: PT AUTO 2000 Sukun Malang)

Al Fatih, Arsy Muhammad and Sugiono, ST., MT., Ph.D. (2021) Analisis Produktivitas Pekerja Pada Billing Service Dengan Metode Work Sampling (Studi Kasus: PT AUTO 2000 Sukun Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses bisnis pada Auto 2000 Sukun merupakan proses bisnis yang melibatkan banyak karyawan. Auto 2000 Sukun merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif di bawah naungan Astra International. Kegiatan-kegiatan perusahannya meliputi showroom, service dan penjualan spare part ini melayani hampir seluruh bengkel suku cadang di kota Malang. Auto 2000 Sukun merupakan salah satu perusahaan yang memperhatikan penciptaan lingkungan bagi seluruh karyawannnya, karena hal itu erat kaitannya dengan tumbuhnya motivasi kerja dari diri seseorang. Selain itu, penciptaan lingkungan kerja yang baik dapat menumbuhkan rasa nyaman dan aman bagi para karyawan. Permasalahan yang terjadi adalah terhambatnya pembuatan bill service untuk konsumen melakukan Perintah Kerja Bengkel atau disebut PKB. Permasalahan ini terjadi karena operator Billing Service sering berada pada kondisi idle dimana kondisi tersebut dapat mengurangi produktifitas kerja. Penelitian ini menggunakan metode Work Sampling untuk menentukan presentase dari jam atau hari dimana mesin atau orang benar-benar terlibat dalam aktivitas kerja, dan presentase dimana sama sekali tidak ada aktivitas kerja yang dilakukan (menganggur/idle). Pada tahap pengumpulan data, dilakukan pre-work sampling dan uji kecukupan data untuk mengetahui jumlah data yang dibutuhkan. Dilanjutkan ke tahap work sampling I sampai III. Pada tahap pengolahan data, dilakukan berbagai tahap yaitu uji keseragaman data, uji kecukupan data, ratio delay activity, penetapan performance rating, perhitungan waktu normal, dan perhitungan waktu standar. Kemudian pada tahap improve bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil dari analisis yang dilakukan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini didapatkan yaitu penggunaan waktu kerja oleh operator Billing Service yaitu 57% kondisi bekerja yang terdiri dari proses Create sebesar 20%, proses Document sebesar 19%, dan proses Archuve sebesar 18%. Sedangkan kondisi idle operator Billing Service sebesar 43% yang terdiri dari kondisi menunggu sebesar 2%, kondisi kelelahan sebesar 21%, kondisi kebutuhan pribadi sebesar 5% dan kondisi not available sebesar 15%. Kemudian waktu standar pada setiap aktivitas operator Billing Service PT Auto 2000 Sukun Malang. Pada aktivitas Create memiliki waktu standar sebesar 147,29 menit, aktivitas Document sebesar 102,52 menit, dan pada aktivitas Archive sebesar 149,75 menit. Dari hasil analisis diberikan beberapa rekomendasi perbaikan yaitu dengan menambah operator sebanyak 2 operator, diperlukan adanya pelatihan untuk meningkatkan kinerja dari operator sesuai dengan kebijakan dan aturan perusahaan, meningkatkan fasilitas dengan memperbarui perangkat pada divisi Billing Service seperti memperbarui dan meningkatkan performa komputer termasuk printer dan scanner agar operator bisa melakukan aktivitas kerja dengan lebih efektif, dan menggunakan kacamata radiasi untuk meminimalisir kelelahan pada mata operator.

English Abstract

Business processes in Auto 2000 Sukun are business processes that involve many employees. Auto 2000 Sukun is a company engaged in the automotive sector under Astra International. The company's activities include showrooms, service and sales of spare parts, serving almost all spare parts workshops in the city of Malang. Auto 2000 Sukun is a company that pays attention to the creation of an environment for all its employees, because it is closely related to the growth of one's self-motivation. In addition, the creation of a good work environment can foster a sense of comfort and security for employees. The problem that occurs is the delay in making service bills for consumers to carry out Workshop Work Orders or called PKB. This problem occurs because Billing Service operators are often in an idle condition where this condition can reduce work productivity. This study uses the Work Sampling method to determine the percentage of hours or days in which machines or people are actually involved in work activities, and the percentage where no work activities are carried out at all (idle). At the data collection stage, pre-work sampling and data adequacy tests were carried out to determine the amount of data required. Proceeded to the work sampling stage I to III. At the data processing stage, various stages were carried out, namely data uniformity test, data adequacy test, activity delay ratio, performance rating determination, normal time calculation, and standard time calculation. Then at the improve stage, it aims to provide recommendations for improvement based on the results of the previous analysis. The results of this study were obtained, namely the use of working time by the Billing Service operator, namely 57% working conditions consisting of the Create process of 20%, the Document process of 19%, and the Archuve process of 18%. Meanwhile, the idle condition of the Billing Service operator is 43%, which consists of waiting conditions at 2%, fatigue conditions at 21%, personal needs conditions at 5% and not available conditions at 15%. Then the standard time for each activity of the Billing Service operator PT Auto 2000 Sukun Malang. The Create activity has a standard time of 147.29 minutes, the Document activity is 102.52 minutes, and the Archive activity is 149.75 minutes. From the results of the analysis, several recommendations for improvement are given, namely by adding 2 operators, training is needed to improve the performance of operators in accordance with company policies and rules, improving facilities by updating devices in the Billing Service division such as updating and improving computer performance including printers and scanners so that operators can perform work activities more effectively, and use radiation goggles to minimize eye fatigue.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521070330
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengukuran Kerja, Work Sampling, Waktu Normal, Waktu Baku.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing > 670.4 Special topics of manufacturing > 670.42 Factory operations engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 May 2022 07:18
Last Modified: 27 Sep 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190343
[thumbnail of ARSY MUHAMMAD AL FATIH.pdf] Text
ARSY MUHAMMAD AL FATIH.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item