Penerapan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Perpanjangan Sim Melalui Sistem Drive-Thru Surat Izin Mengemudi Sambil Jalan Lebih Mudah (Sim Salabim) Studi Pada Satpas Polres Malang

Bunga, Azalea and Dr., Drs, Siswidiyanto,, MS and Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP., M.AP., MMG (2021) Penerapan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik Dalam Pelayanan Perpanjangan Sim Melalui Sistem Drive-Thru Surat Izin Mengemudi Sambil Jalan Lebih Mudah (Sim Salabim) Studi Pada Satpas Polres Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SIM SALABIM (SIM Sambil Jalan Lebih Mudah) merupakan inovasi pelayanan cepat yang diberikan oleh Satlantas Polres Malang kepada masyarakat guna menunjang pelayanan penerbitan SIM Perpanjangan, dimana pelayanan dilaksanakan dengan cara pemohon datang dan melaksanakan proses perpanjangan SIM (mulai pendaftaran sampai dengan selesai pada tempat / area yang ditentukan) tanpa meninggalkan kendaraannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui penerapan prinsip-prinsip pelayanan public dalam SIM SALABIM, 2). Mengetahui factor pendukung dan factor penghambat pelayanan SIM SALABIM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya pelayanan SIM SALABIM ini mampu mengatasi permasalahan-permasalahan mengenai proses pelayanan yang dianggap ribet dan cukup memakan waktu lama. Prinsip-prinsip pelayanan public yang dijadikan indicator dalam penelitian ini diantarnya yaitu 1). Kesederhanaan, 2). Kejelasan, 3). Ketepatan Waktu, 4). Akurasi, 5). Keamanan, 6). Tanggung Jawab, 7). Kemudahan Akses, 8). Kelengkapan Sarana dan Prasarana, 9). Keramahan, kedisiplinan, kesopanan, dan 10). Kenyamanan. Faktor pendukung SIM SALABIM ini diantaranya yaitu kepemimpinan, budaya organisasi, dan teknologi. Sedangkan untuk factor penghambatnya yaitu mengenai komunikasi, lingkungan politik, dan fasilitas yang kurang memadai. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pelayanan SIM SALABIM di Satpas Polres Malang berjalan cukup optimal karena dilihat dari beberapa indicator dalam prinsip-prinsip pelayanan public beberapa sudah di rasa sesuai dan perlu adanya peningkatan di beberapa indicator.

English Abstract

SIM SALABIM (SIM While Easier) is a fast service innovation provided by Satlantas Polres Malang to the community to support the service of issuing Sim Extension, where the service is carried out by the way the applicant comes and carries out the sim renewal process (starting registration until it is completed at the specified place / area) without leaving the vehicle. The purpose of this study is 1). Knowing the application of public service principles in SIM SALABIM, 2). Know the supporting factors and factors inhibiting SIM SALABIM service. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. The result of this research is that the SIM SALABIM service is able to overcome problems regarding the service process that is considered complicated and quite long. The principles of public service that are used as indicators in this study are 1). Simplicity, 2). Clarity, 3). Punctuality, 4). Accuracy, 5). Security, 6). Responsibility, 7). Ease of access, 8). Completeness of Facilities and Infrastructure, 9). Hospitality, discipline, decency, and 10). Comfort. Factors supporting sim SALABIM include leadership, organizational culture, and technology. As for the inhibitory factor, it is about communication, political environment, and inadequate facilities. The conclusion obtained in this study is that the implementation of SIM SALABIM services in Satpas Polres Malang runs quite optimally because judging from several indicators in the principles of public service some have been tasted appropriate and need improvement in several indicators

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521030200
Uncontrolled Keywords: pelayanan, prinsip-prinsip pelayanan, perpanjangan SIM, SIM SALABIM.service, public service principles, drive liecnse extension, SIM SALABIM
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:19
Last Modified: 23 Feb 2022 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189749
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
175030101111065 - Azalea Bunga.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item