Hanafi, Moch. Adam Amri (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam Guna Membangun Bisnis Yang Islami (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Di Desa Gendingan, Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai aspek dalam etika bisnis islam yang meliputi dua indikator yaitu pemahaman sekaligus implementasi tentang aksioma etika bisnis islam dan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis islam oleh para pelaku usaha yang bergerak di bidang budidaya ikan air tawar yang berlokasi di desa Gendingan, kecamatan Kedungwaru, kabupaten Tulungagung. Untuk dapat menjadikan sebuah bisnis yang berlandaskan etika dan serasi dengan ajaran-ajaran agama, kedua indikator tersebut harus diwujudkan melalui praktek dan manajemen bisnis para pelaku usaha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode skala likert. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi serta menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 37 orang yaitu para pelaku usaha budidaya ikan air tawar di desa Gendingan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek aksioma etika bisnis islam yang meliputi tauhid (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), dan tanggung jawab (responsibility) mampu dipahami oleh para pelaku usaha usaha budidaya ikan air tawar di desa Gendingan dan dinilai cukup baik dalam implementasi melalui praktek dan manajemen bisnisnya. Sedangkan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis islam yang meliputi jujur dalam takaran, menjual barang yang bermutu baik, ramah dan bermurah hati, membangun hubungan yang baik, tertib administrasi dan menetapkan harga dengan transparan juga dinilai cukup baik implementasinya pada praktek dan manajemen bisnis. Hasil penelitian menunjukkan kedua aspek etika bisnis dapat diterima, dipahami dan diimplementasikan oleh para pelaku usaha budidaya ikan air tawar di desa Gendingan, meskipun demikian tantangan dalam mempertahankan implementasi aspek-aspek etika bisnis islam akan semakin sulit ke depan mengingat semakin kerasnya persaingan usaha yang semakin diperkuat oleh aspek-aspek praktek dan manajemen bisnis yang berorientasi pada keuntungan semata dan mengabaikan etika serta aspek-aspek moral ajaran agama khususnya dalam hal berbisnis
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020231 |
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Praktek dan Manajemen Bisnis |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 06:32 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188453 |
![]() |
Text
MOCH. ADAM AMRI HANAFI.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |