Febri, Camelia Vonita (2021) Kemampuan Pemelajar Bahasa Jepang Orang Indonesia Dalam Mengidentifikasi Bunyi Khas Bahasa Jepang -Tan’on, sokuon, dan chouon-. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemelajar Indonesia terutama pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya dalam mengidentifikasi bunyi khas bahasa Jepang khususnya (Tan’on, sokuon, dan chouon) sesuai dengan teori yang telah dipaparkan oleh Toda (2003) yang dilafalkan oleh native speaker bahasa Jepang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomologi. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan yaitu berupa pertanyaan atau soal dalam angket dan dilakukan tahap wawancara. Sedangkan data diambil dari mahasiswa pemelajar bahasa Jepang di Universitas Brawijaya yang telah menempuh 3 semester dengan jumlah 65 orang responden. Hasil penelitian yang didapatkan dari 65 responden yaitu terdapat 35 mahasiswa yang menjawab pertanyaan dengan benar, sehingga mahasiswa tersebut sudah mampu membedakan bunyi konsonan rangkap (sokuon) dengan bunyi yang tidak rangkap seperti bunyi pendek (tan’on) dan bunyi panjang (chouon), dengan persentase sebesar 53,8%. selanjutnya terdapat 27 mahasiswa yang belum mampu untuk membedakan bunyi (sokuon) dengan bunyi yang tidak rangkap seperti bunyi pendek (tan’on) dan bunyi panjang (chouon), dengan persentase sebesar 41,5%. Selanjutnya terdapat jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh pemelajar berupa pengurangan (omission) yang berjumlah 13 kesalahan pada jawaban dengan pemerolehan persentase 48%, kesalahan berupa penambahan item yang tidak seharusnya ada (addition) yang berjumlah 1 kesalahan pada jawaban dengan pemerolehan persentase 4%, kesalahan mengubah bentuk kata (misformation) yang berjumlah 22 kesalahan pada jawaban dengan pemerolehan persentase 81%, dan kesalahan dalam peletakan kata (misordering) yang berjumlah 9 kesalahan pada jawaban dengan pemerolehan persentase 33%
English Abstract
-
Other obstract
この研究の目的は、インドネシア語学習者、特に日本語教育研究プログラム、 ブラウィジャヤ大学で、理論に従って特に日本人の独特の音(たんおん、促音、長 音)を識別する能力を決定することです。戸田(2003)が発表し、日本語をネイテ ィブスピーカーとする人が発音することです。 この研究では、現象論的研究デザインを用いた記述的定性的方法を使用して いることです。データを取得するために、使用された機器は質問または質問票の質 問の形式であり、インタビュー段階を実施しました。一方、データは、 3 学期を受講 したブラウィジャヤ大学の日本語学習学生から取得したもので、合計 65 人の回答者 がいます。 得られた結果は、 35 学生徒が質問に正しく答え、子音促音, たんおん、長音 (53.8%) の割合で区別できたことを示し ていることです。また、 27 学生徒は促音、た んおん、長音を区別できず、 (41.5%) でした。 さらに、減算(脱落)の形でエラーの種類があり、回答では 13 エラー(48%) になることです。そこにあるべきではない項目を追加するという形でのエラー(付 加)は、回答の 1 つのエラー(4%)に相当します。単語の形を変えるエラー(誤形 成)、回答の 22 エラー(81%)、単語の配置の誤り(位置)は、回答の 9 つの誤り (33%)に達しことです
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:41 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184653 |
Preview |
Text
Camelia Vonita Febri.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |