Priatna, Andes Diki and Retno Dewi Ambarastuti,, S.S,M.Si. (2020) Pengaruh Ekstrakurikuler Nihon no Kurabu terhadap Minat Belajar Bahasa Jepang Siswa SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Jepang menjadi pelajaran formal di beberapa sekolah di Indonesia, salah satunya di SMA Negeri 7 Malang. Tidak hanya menjadi pelajaran formal, bahasa Jepang juga dijadikan sebagai ekstrakurikuler di SMA Negeri 7 Malang. Tidak hanya mempelajari bahasa Jepang, siswa juga mempelajari kebudayaan Jepang, seperti shodou, origami, yosakoi dan kendo. Kegiatan ekstrakurikuler Nihon no Kurabu pun merupakan wadah bagi siswa untuk dapat mempelajari bahasa dan budaya Jepang secara lebih mendalam serta dapat mengembangkan minat dan bakat siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini juga sebagai sarana siswa dalam meningkatkan minat belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh ekstrakurikuler Nihon no Kurabu terhadap minat belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 7 Malang. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan teori behaviorisme oleh Skinner. Teori behaviorisme adalah teori yang mempelajari stimulus dan respon. Dalam penelitian, ini ekstrakurikuler sebagai stimulus dan perilaku siswa sebagai respon dari stimulus. Penelitian ini menggunakan sumber data hasil wawancara terhadap siswa kelas XI dan XII jurusan bahasa SMA Negeri 7 Malang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ekstrakurikuler Nihon no Kurabu dapat memberikan pengaruh meningkatkan minat belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 7 Malang. Esktrakurikuler tersebut telah membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan belajar bahasa Jepang, membantu siswa dalam membaca huruf hiragana, katakana, dan kanji, dan membantu siswa untuk dapat lulus dalam ujian JLPT.
Other obstract
キーワード:部活、学ぶ興味、行動主義 いくつかのインドネシアの高校は日本語を必要な科目となっている。その一つがマラン第七国立高校だ。必要な科目だけでなく、部活も作られてある。日本語を学ぶだけでなく、書道、折り紙、よさこい、剣道など日本お文化も学んでいる。日本のクラブは学生にとって日本語や日本文化をもっと深く学ぶことや日本に対する興味を蓄える部活だ。この部活の活動はマラン第七高校にとって日本語の興味を高まる器だ。この調査は日本のクラブ部活からのマラン第七国立高校 2019/2020 学期の生徒が日本語を学ぶ興味の影響を知る調査だ。 今回の調査方法は定性分析と叙述用法とスキンナーの行動主義説を使う調査だ。行動主義説は反応と刺激を知るための学説である。この調査では部活が刺激となって、学生が反応者となる。マラン第七国立高校の2年生と3年生の言語学の高校生をインタビューして行った調査だ。 調査結果は日本のクラブ部活はマラン第七国立高校の学生の日本語を学ぶことに対する影響は非常に高いと分かった。この部活の影響で生徒は日本語、ひらがな、カタカナ、漢字を読めるようになって日本語能力試験を受かるように補助したのである。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120025 |
Uncontrolled Keywords: | ekstrakurikuler, minat belajar, behaviorisme |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 15:06 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183772 |
![]() |
Text
Analita Puspabela.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |