Ramadhani, Salsabil Achmad (2019) Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Pengetahuan Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Nasional Indonesia Yang Melakukan Umrah Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Umrah merupakan salah satu rangkaian ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Ibadah ini merupakan salah satu rukun sah dalam ibadah haji. Namun umrah juga dapat dilakukan sepanjang tahun diluar jadwal haji. Kegiatan umrah bukan hanya sekedar ibadah saja bagi umat Islam, namun juga sebagai wisata yang memiliki daya Tarik, baik secara jasmani maupun rohani. Oleh karena itu dengan adanya pengetahuan tentang nilai ibadah umrah, diharapkan pada wisatawan yang akan memilih destinasi tempat wisata, cenderung akan memilih beribadah daripada berkegiatan lain. Pengetahuan tersebut nantinya akan memperkuat pemahaman wisatawan akan manfaat dan pentingnya ibadah umrah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan berunjung (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan wisatawan terhadap keputusan berkunjung, (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan pengetahuan wisatawan terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dangan pengambilan sampel memakai rumus Machin dan Campbell. Hasil penelitian ini memberikan jawaban bahwa Keputusan Berkunjung dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Electronic Word of Mouth. Begitu pula sesuai dengan hasil dari pengetahuan wiisatawan. Keputusan Berkunjung dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Pengetahuan Wisatawan. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Keputusan Berkunjung. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu electronic word of mouth dapat meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan nasional Indonesia di Kota Malang, begitu pun hasil dari pengetahuan wisatawan yang juga positif, menandakan bahwa semakin besarnya tingkat pengetahuan akan umrah, keputusan berkunjung pun akan semakin besar. Oleh karena itu Electronic Word of Mouth dan Pengetahuan Wisatawan menjadi alasan atau penyebab masyarakat Indonesia melakukan kegiatan wisata umrah.
English Abstract
Umrah is one of islamic rites whoo doing by moslems all over the world. This rite is one of Islamic rukun, blong to hajj. But moslems can performing this rites for entire year, not only in hajj season. Tis rites not only for performing rite, but also it can be an excursion wich be a lure bot temporal and spiritual. So, with the understanding about Lore of Umrah can make tourists understand what will do they with their holy excursion. That lore can also strengthen their knowledge about destination and benefit Umrah itself. The aims of this study are (1) knowing and analyzing influence of electronic word of mouth towards visiting decision, (2) knowing and analyzing influence of tourist lore towards visiting decision, (3) knowing and analyzing influence of electronic word of mouth and tourists toward visiting decision. The type of this research is explanatory research by using quantitative approach. The measuring scale used Likert scale with Machin and Campbell formulas for taking samples. The results of this study provide visiting decision influenced by electronic word of mouth significantly. Likewise result about tourist lore give significant influence towards visiting decision. From result of multiple linear regressions, both of independent variable has significant influence toward visiting desicion. The conclusion obtained in this research is electronic word of mouth can increase visiting desicion for Indonesia’s national Tourists within City of Malang. It has same meaning for tourist lore. It means that increasing of electronic word of mouth and tourist lore are important to increasing interest of visiting decision. So, electronic word of mouth and tourist lore are cause of Indonesia’s citizen do Umrah every year.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/840/052001013 |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Kegiatan Umrah, Electronic Word of Mouth, Pengetahuan wisatawan, Keputusan Berkunjung, Wisatawan Umrah Kota Malang Umrah activity Research, Electronic Word of Mouth, Tourist Lore, Visiting Decision, Umrah Tourists within City of Malang. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 07:34 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178761 |
Preview |
Text
Salsabil Achmad Ramadhani.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |