Hubungan Tingkat Kepuasan dengan Loyalitas Petani dalam Pembelian Benih Jagung Pakan Hibrida di Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri

Gaol, Silva Da Serevim Lumban (2019) Hubungan Tingkat Kepuasan dengan Loyalitas Petani dalam Pembelian Benih Jagung Pakan Hibrida di Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat Indonesia memanfaatkan jagung untuk berbagai keperluan seperti food (pangan), feed (pakan), fiber (bahan baku industri), dan fuel (bahan bakar). Perubahan tren pemanfaatan jagung pangan menjadi pakan terjadi sekarang ini. Kebutuhan jagung nasional dipenuhi melalui produksi jagung di berbagai daerah. Keberhasilan produksi setiap daerah tentu tak luput dari adanya teknologi di bidang pertanian. Tingginya produksi dan keuntungan yang diperoleh oleh petani menyebabkan banyak petani menggunakan benih jagung pakan hibrida. Beragamnya merek benih jagung pakan di Desa Papar menyebabkan tingginya preferensi petani dalam memilih benih. Petani di Desa Papar lebih memilih menggunakan benih yang tahan terhadap hama dan penyakit dibandingkan benih dengan produktivitas tinggi namun tidak tahan terhadap hama dan penyakit. Petani Desa Papar akan mencari benih yang akan memberikan kepuasan bagi petani. Kepuasan petani berhubungan erat dengan loyalitas, sehingga petani yang merasa puas dengan merek benih jagung pakan akan memiliki niat untuk kembali melakukan pembelian ulang. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis kesesuaian dari tingkat kinerja atribut produk benih jagung pakan hibrida dengan tingkat kepentingan petani di lokasi penelitian. (2) Menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap produk benih jagung pakan hibrida di lokasi penelitian. (3) Menganalisis tingkat loyalitas petani terhadap produk benih jagung pakan hibrida di lokasi penelitian. (4) Menganalisis hubungan tingkat kepuasan dengan loyalitas petani dalam pembelian benih jagung pakan hibrida di lokasi penelitian. Penentuan responden menggunakan purposive sampling. Responden penelitian ini adalah petani yang telah menggunakan Bisi 18 sebanyak 35 orang di Desa Papar. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) Diagonal Model, Customer Satisfaction Index (CSI), Piramida Loyalitas, dan Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang perlu diperbaiki kinerjanya adalah produktivitas, ketahanan hama dan penyakit, dan ujung tongkol penuh. Terdapat dua atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya yaitu daya tumbuh dan tahan roboh. Terdapat satu atribut yang memiliki prioritas rendah untuk diperbaiki yaitu umur panen dan satu atribut yang memiliki alokasi sumberdaya berlebihan yaitu harga benih. Hasil CSI menunjukkan bahwa kepuasan petani sebesar 69,64% dan termasuk kategori puas. Fakta lapang menunjukkan bahwa konsumen puas dengan Bisi 18 karena pedagang menyukai hasil panen dari Bisi 18, harga benih terjangkau, dan benih selalu tersedia di toko pertanian. Tingkat loyalitas tertinggi committed buyer sebesar 29,4%, sedangkan tingkat loyalitas terendah adalah switching buyer sebesar 10,3%. Tingginya persentase committed buyer karena petani memiliki komitmen untuk menggunakan Bisi 18, namun petani masih memiliki kemauan rendah untuk merekomendasikan Bisi 18 kepada petani lain. Hal tersebut terjadi karena petani menganggap benih ini sudah dikenal oleh banyak petani di Desa Papar, pemilihan benih tergantung oleh masing-masing petani, dan petani menganggap PPL lebih pantas untuk memberikan rekomendasi terkait pemilihan benih. Rendahnya persentase switcher buyer karena petani lebih mementingkan kualitas benih dibandingkan harga benih. Jika benih tidak tersedia di toko sekitar desa, maka petani akan mencarinya di desa atau kota lainnya. Hasil analisis hubungan kepuasan dengan loyalitas sebesar 0,517 sehingga termasuk kategori kuat dan searah. Petani yang merasa puas dengan Bisi 18 akan memperbesar peluang terbentuknya loyalitas pada benih Bisi 18. Produsen Bisi 18 sebaiknya memperbaiki kinerja atribut produktivitas, ketahanan hama dan penyakit, dan ujung tongkol penuh atau muput. Produsen lainnya yang ingin memasuki pasar di desa ini sebaiknya memproduksi benih yang memiliki ketahanan hama dan penyakit tinggi karena atribut ini paling dianggap penting oleh petani. Peneliti selanjutnya yang menggunakan alat analisis piramida loyalitas dapat menyaring satu petani agar masuk ke dalam satu tingkatan loyalitas saja. Penelitian selanjutnya perlu melakukan penelitian pada pasar input di lokasi berbeda dengan karakteristik tempat dan petani berbeda.

English Abstract

Indonesian people utilize maize for various function such as food, feed, fiber (industrial raw materials), and fuel. Now days the function of maize switches from food to feed. National maize needs are met through maize production in various regions. The success of each region's production certainly does not escape the existence of technology in agriculture. The high production and profits obtained by farmers cause many farmers to use hybrid feed maize seeds. The diversity of maize feed seed brands in Papar Village has led to a high preference of farmers in choosing seeds. Farmers in Papar Village prefer to use seeds that are resistant to pests and diseases compared to seeds with high productivity but are not resistant to pests and diseases. Papar Village Farmers will look for seeds that will give satisfaction to farmers. Farmer satisfaction is closely related to loyalty, so farmers who are satisfied with the brand of feed maize seeds will have the intention to re-purchase. Based on the description of the background, the objectives of this study are: (1) To analyze the suitability of the level of performance of hybrid feed maize seed product attributes with the level of importance of farmers in the research location. (2) Analyzing the level of farmers' satisfaction with hybrid feed maize seed products in the research location. (3) Analyzing the level of farmer loyalty to hybrid feed maize seed products in the research location. (4) Analyzing the relationship between the level of satisfaction and the loyalty of farmers in purchasing hybrid feed maize seed in the research location. Determination of respondents using purposive sampling. Respondents of this study were 35 farmers who had used Bisi 18 in Papar Village. The analytical method are the Importance Performance Analysis (IPA) Diagonal Model, the Customer Satisfaction Index (CSI), the Loyalty Pyramid, and the Spearman Rank Correlation. The results of the IPA analysis show that the performance attributes that need to be improved are pest and disease resistance, and full tip filling. There are two attributes that need to be maintained, namely power grow and collapse resistance. There is one attribute that has a low priority to improve, namely the age of harvest and one attribute that has excessive resource allocation, namely seed prices. CSI results indicate that farmer satisfaction is 69.64% and includes the satisfaction category. Field facts show that consumers are satisfied with Bisi 18 because traders like the harvest from Bisi 18, affordable seed prices, and seeds are always available at farm shops. The highest level of committed buyer is 29.4%, while the lowest loyalty level is switcher buyers 10.3%. The high percentage of committed buyers because farmers have a commitment to use Bisi 18, but farmers still have a low willingness to recommend Bisi 18 to other farmers. This happens because farmers consider this seed to be known by many farmers in Papar Village, the selection of seeds depends on each farmer, and farmers consider field extension officer (PPL) to be more appropriate to provide recommendations regarding seed selection. The low percentage of switcher buyers because farmers are more concerned with seed quality than seed prices. If seeds are not available in farm shop around the village, farmers will look for them in other villages or cities. The results of the analysis of the relationship of satisfaction with loyalty amounted to 0.517 so that it included the strong and unidirectional categories. Farmers who are satisfied with Bisi 18 will increase the chances of loyalty being formed in Bisi 18 seeds. Bisi 18 producers should improve the performance of productivity attributes, pest and disease resistance, and full tip filling. Other producers who want to enter the market in this village should produce seeds that have high pest and disease resistance because this attribute is most important to farmers. The next researcher who uses the loyalty pyramid analysis tool can filter one farmer into one level of loyalty. Further research needs to conduct research on input markets in different locations with different characteristics of places and farmers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/418/051907156
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:46
Last Modified: 16 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173485
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item