Analisis Tumpukan Toleransi Komponen Side Beam dengan Ring Bracket Pada Bogie Frame Kereta Api

Albar, Pramadhan (2019) Analisis Tumpukan Toleransi Komponen Side Beam dengan Ring Bracket Pada Bogie Frame Kereta Api. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai-nilai dimensi dan toleransi dengan analisis tumpukan toleransi pada komponen side beam dengan ring bracket md 53 m pada kereta bangladesh mg. Objek dari penelitian ini adalah perakitan antara side beam dengan ring bracket sedangkan yang menjadi subjek nya berupa desain dan nilai-nilai dimensi dan toleransi yang diterapkan pada kedua komponen tersebut. Selanjutnya rakitan side beam dan ring bracket ditentukan gap-gap yang menjadi syarat performansi nya yang berupa outside diameter side beam dengan outside diameter hole ring dan inside diameter side beam dengan inside diameter hole ring. Dari desain didapatkan nilai-nilai dimensi awal untuk komponen yang mempengaruh performansi yaitu outside diameter side beam yang nantinya akan berpasangan dengan outside diameter hole ring yang memiliki nilai dimensi . Dan untuk nilai-nilai dimensi dan toleransi untuk inside diameter side beam yang nantinya akan berpasangan dengan inside diameter hole ring yang memiliki nilai dimensi . Hasil dari analisis tumpukan toleransi ini didapatkan nilai-nilai dimensi dan toleransi yang baru dengan menggunakan metode worst case. Adapun nilai-nilai dimensi dan toleransi yang baru setelah dilakukan analisis tumpukan toleransi adalah outside diameter side beam 140 ± 0,4 mm yang nantinya akan berpasangan dengan outside diameter hole ring yang memiliki nilai dimensi 136,5 ± 0,1 mm. Dan untuk inside diameter side beam 110 ± 0,5 mm yang nantinya akan berpasangan dengan inside diameter hole ring yang memiliki nilai dimensi 108,25 ± 0,25 mm. Selanjutnya nilai-nilai dimensi dan toleransi hasil analisis tumpukan toleransi ini diterapkan dalam desain.

English Abstract

This study aims to obtain dimension and tolerance value using Tolerance Stack-up Analysis on side beam and ring bracket components within MD 53 M bogie on Bangladesh MG trains. The object of this study would be the assembly between the side beam and the ring bracket while the subject would be the design and dimension and tolerance value of which are applied to those two components. Furthermore, gaps were determined between the side beam and ring bracket assembly which are the performance requirements for those parts. These gaps were set between the outside rings and inside rings of both side beam and ring bracket holes. Initial dimension values for the components were obtained from subject design, which then would affect the performances of the assembly. These values were outside diameter of the beam, namely mm which would then be paired with the outside diameter of the ring, mm. The dimension values of the inside diameters were as follows: mm for the inside diameter of the beam and mm for the inside diameter of the ring. New dimension and tolerance values were then obtained as the result of the Stack-up Analysis using Worst Case method. These new values were 140±0,4 mm of side beam outside diameter which were then paired with the ring diameter of 136,5±0,1 mm, and 110±0,5 mm of side beam inside diameter which were then paired with 108,25±0,25 mm of ring hole inside diameter. Furthermore, the dimension and tolerance values resulted from this Tolerance Stack-up Analysis were then applied to the design.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/447/051905042
Uncontrolled Keywords: Tumpukan Toleransi, Bogie, Perakitan, Worst case. Stack Tolerance, Bogie, Assembly, Worst Case
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:52
Last Modified: 17 Nov 2020 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172997
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item