Ismutarto, Yeniar (2018) Strategi Nation Branding India Melalui Kampanye “Incredible !Ndia” Untuk Membangun Citra India Sebagai Destinasi Wisata Berbagai Musim Tahun 2002-2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keterpurukan dalam pariwisata India pernah terjadi pada era 1980-an dimana FTA. FEE dan share yang dimiliki India berada pada jumlah yang sangat rendah khususnya dari dari tahun 1970-an hingga tahun 1980-an. Upaya perbaikan dalam sektor pariwisata selanjutnya dilakukan pada tahun 1990-an dan menunjukkan perkembangan dan hasil positif terhadap berbagai sektor pariwisata di India. Melihat potensi yang cukup besar yang didapatkan terhadap sektor pariwisata India. hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Pemerintah India untuk dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di negaranya. Hingga pada tahun 2002 Pemerintah India. khususnya Kementerian Pariwisata India mengeluarkan kampanye “Incredible !ndia” sebagai brand-line promosi wisata India dengan tujuan untuk membangun citra India sebagai destinasi wisata berbagai musim pada tahun 2002 hingga tahun 2016. Dalam menganalisa strategi nation branding yang dilakukan oleh Pemerintah India. penulis menggunakan konsep nation branding strategy oleh Keith Dinnie. Hasil analisis yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa selama 14 tahun pelaksanaan strategi nation branding. pemerintah India telah berhasil membangun citra negaranya sebagai destinasi wisata berbagai musim. Hal tersebut juga diikuti dengan sejumlah trend positif pariwisata India terhadap perkembangan dan peningkatan sektor wisata yang juga berdampak kepada sektor perekonomian di India.
English Abstract
The decline of Indian tourism has occurred in the 1980s where India’s FTA. FEE and sharing ha very low numbers from the 1970s to the 1980s. Effort to improve tourism sector has been done in 1990s and the results showed positive developments and results in various sectors in India. With the considerable potential found in the Indian tourism sector. then Ministry of Tourism India want to be able to continue to develop and exploit the potential that exists in the country. Until 2002 the Government of India. in particular the Indian Ministry of Tourism issued a campaign "Incredible !ndia " as a promotion of Indian brand-line with the aim of building India's image as a all season tourist destination in 2002 to 2016. In analyzing the nation branding strategy by the Government of India. the author uses the concept of nation branding strategy by Keith Dinnie. The results of the analysis show that during 14 years of the nation branding strategy undertaken by the Indian government has succeeded iin order to building India’s image as a tourist destination for all seasons. This was also followed by a positive trend for India and tourism and positive impact on the economy of India.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/884/051811318 |
Uncontrolled Keywords: | India. nation branding. “Incredible !ndia”. Pariwisata India. citra India-India. nation branding. "Incredible !ndia". Indian Tourism. Indian image |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 03:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 07:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163830 |
![]() |
Text
Yeniar Ismutarto.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |