Ikasari, DhitaMorita (2011) Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk melalui Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada UKM Sari Apel di Kota Batu). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sari apel merupakan salah satu produk hasil olahan buah apel yang sangat potensial untuk dikembangkan. Akhir-akhir ini industri sari apel semakin berkembang yang terlihat dengan banyaknya merk-merk sari apel yang ada di pasar. Kondisi ini membuat masing-masing produsen gencar dalam upaya merebut pasar dan tentunya akan menimbulkan persaingan yang tajam. Kunci penting untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Terdapat banyak faktor penting untuk mencapai keunggulan bersaing suatu perusahaan. Pada penelitian ini digunakan 3 faktor keunggulan bersaing yaitu orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan. Alasan pemilihan faktor tersebut karena objek penelitian ini adalah UKM. Tidak semua faktor keunggulan bersaing dapat diterapkan pada UKM sehingga dipilihlah ketiga faktor tersebut sebagai faktor keunggulan bersaing. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing pada UKM sari apel, maka dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk diimplementasikan sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja pemasaran UKM sari apel dan membuat UKM memenangkan persaingan di tengah-tengah maraknya industri pengolahan sari apel saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing juga pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UKM sari apel dan merumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel dan mengetahui strategi yang tepat untuk menciptakan keunggulan bersaing pada UKM sari apel. Tahap pertama pada penelitian ini adalah menentukan pengaruh atau hubungan antar variabel menggunakan teknik analisis SEM ( Structural Equation Model ) dan tahap kedua adalah merumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel menggunakan metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan keungulan bersaing mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hal ini berarti bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga dapat dirumuskan strategi yang tepat bagi UKM sari apel berdasarkan masing-masing variabel. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa prioritas strategi yang tepat untuk orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran secara berturut-turut adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen (0.249), beralih ke peralatan dan mesin modern (0.497), mengenali kekuatan dan kelemahan produk sendiri (0.286), evaluasi rutin terhadap kualitas (0.361) dan memperketat pengendalian kualitas (0.478).
English Abstract
Apple cider is one of processed apple products which potential to be developed. Lately, apple cider industry is growing that looks many brands of apple cider on market. se conditions make each manufacturer compete in effort to seize market and will certainly lead to fierce competition. An important key to winning competition lies in ability of companies to create competitive advantage. re are many important factors to achieve competitive advantage a company. In this study used three factors of competitive advantage. re are market orientation, innovation and entrepreneurial orientation. reason of selection of se factors because object of study is SMEs. Not all factors of competitive advantage can be applied to m so that se three factors was chosen as a factor of competitive advantage. By knowing factors that influence competitive advantage in small and medium enterprises of apple cider, n it can be formulated appropriate strategies to be implemented to m so hopefully will be able to improve performance of marketing performance of m and make m to win competition in midst of widespread industrial processing apple juice today. purpose of this study was to determine influence of factors of market orientation, innovation and entrepreneurial orientation of competitive advantage also influence competitive advantage on performance of marketing in SMEs apple cider and formulate appropriate strategies for SMEs apple cider and knowing right strategies to create competitive advantage in SMEs of apple cider. first phase of study was to determine influence or relationship between variables using analytical techniques SEM (Structural Equation Model) and second stage is to formulate appropriate strategies for SMEs apple cider using AHP (Analytical Hierarchy Process). results of SEM analysis showed that market orientation has a significant positive impact on competitive advantage, innovation has a significant positive impact on competitive advantage, entrepreneurial orientation has a significant positive impact on competitive advantage, and compete keungulan have a significant positive effect on performance marketing. This means that all hypo ses proposed are acceptable, so that appropriate strategies can be formulated for SMEs cider on each variable. results of AHP analysis showed that priority of right strategies to market orientation, innovation, entrepreneurial orientation, competitive advantage and marketing performance in a row is establish good relations with consumers (0,249), switched to modern equipment and machinery (0,497), recognizing strength and weaknesses of product itself (0,286), routine evaluation of quality (0361) and tightened quality control (0,478).
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/664.804.11/IKA/s/041103159 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.8 Fruits and vegetables |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 19 Dec 2011 14:52 |
Last Modified: | 19 Dec 2011 14:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |