Model matematika pendapatan pengemudi angkutan kota (Angkot) jalur ADL dan AL di Malang

AprianiDwiRahayu (2008) Model matematika pendapatan pengemudi angkutan kota (Angkot) jalur ADL dan AL di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengadaan angkutan kota bergantung pada keseimbangan antara jumlah pengguna jasa angkutan dengan jumlah armada. Kenaikan harga bahan bakar minyak mengakibatkan kenaikan tarif angkutan sehingga menurunkan jumlah pengguna jasa angkutan. Penurunan ini berdampak pada penurunan pendapatan pengemudi angkutan per hari. Besarnya penurunan pendapatan dapat diperkirakan menggunakan model matematika dengan menerapkan analisis regresi linear berganda dalam pembentukan model tersebut. Hasil analisis model regresi linear berganda diperoleh urutan faktor yang mempengaruhi penurunan pendapatan pengemudi ADL dan AL secara signifikan adalah biaya bensin dan setoran. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien variabel bensin sebesar 0,772 untuk ADL dan 0,828 untuk AL. Sedangkan nilai koefisien variabel setoran pada ADL sebesar 0,680 dan pada AL sebesar 0,785. Apabila pada kedua model ini terdapat perbedaan pada urutan nilai koefisien variabelnya, maka perbedaan itu dapat terjadi karena ada faktor lain yang berpengaruh secara tak langsung terhadap model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2008/35/050800314
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 Feb 2008 14:33
Last Modified: 22 Oct 2021 05:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151983
[thumbnail of 050800314.pdf]
Preview
Text
050800314.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item