Isdayanti, DeaPutri (2016) Pengaruh Switching Barriers (Hambatan Berpindah) Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Minuman Sari Apel “Siiplah” (Studi Kasus Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jawa Timur merupakan salah satu sentra produksi apel. Salah satu olahan buah apel yang banyak diminati di pasaran adalah sari apel. Banyaknya produsen sari apel yang menawarkan varians produk yang sama membuat persaingan semakin ketat. Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan perusahaan agar produknya tetap berada di pasar. PT Mannastria Kusumajaya Perkasa adalah salah satu perusahaan yang memproduksi olahan buah di Kota Batu. Produk unggulan PT Mannastria Kusumajaya Perkasa adalah minuman sari apel. PT Mannastria Kusumajaya Perkasa berupaya untuk menarik minat konsumen agar tidak berpindah ke produk lain. PT Manastria Kusuma Perkasa perlu menganalisis pengaruh hambatan berpindah (switching barriers) terhadap loyalitas pelanggan minuman sari apel agar dapat menentukan tingkat loyalitas pelanggan produk minuman sari apel yang diproduksi yang nantinya akan berpengaruh terhadap volume penjualan perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah responden sebesar 100 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh switching barriers (hambatan berpindah) terhadap loyalitas pelanggan minuman sari apel “SIIPLAH” yaitu metode markov chains dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pangsa pasar produk Siiplah pada periode ke I sebesar 49% dan periode ke II sebesar 65%. Hal ini dapat dikatakan bahwa produk Siiplah ungul dipasaran karena memiliki nilai probabilitas transisi sebesar 0.88. Kondisi steady state produk Siiplah adalah 72%, dibandingkan dengan persentase pangsa pasar periode ke II yaitu 65% produk Siiplah memiliki kenaikan 7% apabila dihitung 8 hingga kondisi steady state ( kondisi mantap). Hasil analisis markov chains dapat melihat merek yang menjadi Market Leader adalah merek Siiplah atau dapat dikatakan sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar sebesar 72%. Pada analisis faktor, faktor yang paling dominan adalah Transaction Cost dengan nilai eigenvalue sebesar 3.773 yang memiliki 5 variabel yaitu kualitas, rasa, kesesuaian harga, pertimbangan merek dan merek yang sudah terkenal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/617/051611637 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 08:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151204 |
![]() |
Text
bab_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover_dan_daftar_isi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
daftar_pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
bab_2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
bab_3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |