Bawindaputri, TiaraAriqoh (2016) Penilaian Kualitas Pelayanan dengan Metode Service Performance (Servperf) dan Fuzzy Service Quality (Fuzzy Servqual) (Studi Kasus Pada Mie Jogja Pak Karso, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Restoran merupakan salah satu bisnis kuliner yang saat ini terus berkembang dan memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Perubahan gaya hidup masyarakat saat ini menyebabkan pergeseran fungsi utama restoran, yaitu tidak hanya sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan pangan namun sekaligus menjadi bagian dari aktivitas sosial. Restoran diharapkan tidak hanya menawarkan makanan, tapi juga memberikan pelayanan yang memuaskan. Di kota Malang, jumlah restoran terus meningkat dari tahun ke tahun, termasuk jumlah restoran yang menyajikan mie sebagai produk utamanya. Mie Jogja Pak Karso merupakan restoran yang menawarkan sajian olahan mie dengan cita rasa khas makanan Jawa. Terdapat keluhan pelanggan yang masih sering terjadi di Mie Jogja Pak Karso cabang Malang, yaitu waktu penyajian hidangan yang cukup lama, sehingga dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diterima. Oleh karena itu, penilaian kualitas pelayanan di Mie Jogja Pak Karso cabang Malang dilakukan dengan tujuan untuk menentukan tingkat kualitas pelayanan dan atribut pelayanan yang memiliki nilai kepuasan yang tinggi juga atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Pada penelitian ini, pengukuran kualitas pelayanan dilakukan dengan metode service performance (servperf) dan fuzzy servqual. Berdasarkan hasil pengolahan dengan servperf, didapatkan bahwa tiga atribut yang memiliki nilai kepuasan viii tertinggi adalah kehalalan makanan dan minuman (X34), kebersihan makanan dan minuman (X33), dan rasa makanan dan minuman (X51). Atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah ketersediaan fasilitas pendukung (X55). Atribut kebersihan dan kenyamanan ruangan (X52) dapat dimasukkan sebagai prioritas perbaikan atau tidak sesuai dengan kebijakan perusahaan. Berdasarkan hasil pengolahan dengan fuzzy servqual, didapatkan bahwa atribut dengan nilai gap terkecil adalah ketepatan menu yang disajikan sesuai dengan pesanan (X11) dan atribut dengan nilai terbesar adalah ketersediaan fasilitas pendukung (X55). Dimensi yang memiliki gap terbesar adalah dimensi tangibles dan dimensi dengan gap terkecil adalah dimensi assurance. Hasil penelitian ini dapat membantu pihak perusahaan untuk perbaikan kualitas pelayanan guna memenangkan persaingan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2016/571/051610178 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 10:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 01:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/151152 |
![]() |
Text
9._Summary.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
11._Daftar_Isi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
10._Kata_Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
12._Bab_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
13._Bab_2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
14._Bab_3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
17._Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
15._Bab_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
16._Bab_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
18._Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
1._Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2._Halaman_Judul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
3._Lembar_Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
4._Lembar_Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
5._Riwayat_Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
6._Lembar_Persembahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
7._Lembar_Keaslian_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
8._Ringkasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |