Perencanaan Strategi Pengembangan Kantin Dengan Analisis Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kantin Cl, Universitas Brawijaya Malang)

Maharani, ErlinaNur (2016) Perencanaan Strategi Pengembangan Kantin Dengan Analisis Swot Dan Qspm (Studi Kasus Kantin Cl, Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kantin adalah salah satu unsur penunjang yang berpengaruh cukup penting dalam penyediakan pangan di kampus. Kantin CL (Citra Land) merupakan salah satu prasarana penunjang di Universitas Brawijaya yang cukup populer dikalangan mahasiswa, dengan harga dan lokasi yang terjangkau. Saat ini konsumen selektif dalam memilih makanan, termasuk aspek kehalalan, kesehatan, kebersihan dan cara penyajian. Kantin CL termasuk kategori kantin yang kondisinya kurang baik, karena higienitas, sanitasi, dan pelayanannya masih lemah. Ketatnya persaingan antar kantin mengharuskan pengelola kantin memiliki strategi alternatif strategi pengembangan usaha. Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif dan menentukan prioritas strategi yang layak untuk pengembangan kantin CL. Penelitian ini menggunakan metode SWOT dan QSPM. Tahapan yang dilakukan adalah melakukan pengolahan data yang meliputi input stage, matching stage dan decision stage. Input stage digunakan untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman). Matching stage digunakan untuk mencocokkan matriksI IFE dan EFE sehingga menghasilkan IE dan SWOT. Tahap terakhir adalah decision stage, digunakan untuk menentukan prioritas strategi yang layak untuk diterapkan kantin CL. Hasil penelitian didapatkan 3 matriks yaitu matriks IE, matriks SWOT dan QSPM. Berdasar matriks IE diketahui bahwa kantin CL memiilki kemampuan rata-rata dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang serta mampu mengatasi kelemahan dan ancaman. Analisis SWOT menghasilkan 7 alternatif strategi. Berdasarkan hasil QSPM didapatkan 3 prioritas strategi yang layak untuk diterapkan kantin CL yaitu meningkatkan higienitas ix dan sanitasi sebagai bentuk fisik penjaminan mutu (6,98), meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan (6,50) dan meningkatkan fasilitas yang sudah ada (6,47).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2016/252/051605763
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Sep 2016 09:39
Last Modified: 24 Oct 2021 11:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/150796
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Text
DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf] Text
KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Ringkasan_dan_summary.pdf] Text
Ringkasan_dan_summary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 1_BAB_1-5.pdf] Text
1_BAB_1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 2_bab_lanjutan_Tabel_3.1.pdf] Text
2_bab_lanjutan_Tabel_3.1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 3_lanjutan_Bab_3.pdf] Text
3_lanjutan_Bab_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Cover_dll.pdf] Text
Cover_dll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item