Hardiyanto, Dwi (2013) Preferensi Konsumen Terhadap Produk Selai Buah Nipah Menggunakan Analisis Konjoin. Skripsi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Selai Buah Nipah Merupakan Salah Satu Inovasi Baru Produk Selai Yang Merupakan Diversifikasi Pangan Tanaman Nipah Menjadi Produk Yang Nilai Ekonominya Tinggi. Berkaitan Dengan Hal Tersebut Maka Sebelum Produk Dipasarkan Perlu Adanya Penelitian Yang Berhubungan Dengan Preferensi Konsumen. Penelitian Ini Bertujuan Mengetahui Kombinasi Karakteristik Produk Selai Buah Nipah Yang Disukai Konsumen, Serta Mengetahui Atribut Selai Buah Nipah Yang Diprioritaskan Untuk Dipertahankan Sesuai Dengan Nilai Kegunaan Yang Muncul Setiap Atribut. Pengolahan Data Hasil Kuesioner Menggunakan SPSS 17.0 For Windows Didapatkan Dengan Level Tingkat Kemanisan Yang Rendah Menjadi Pilihan Yang Paling Disukai Oleh Responden Dengan Nilai Kegunaan Atau Utility Sebesar 0,49, Sedangkan Untuk Atribut Aroma, Responden Lebih Menyukai Adanya Penambahan Penguat Aroma Kelapa Pada Produk Selai Buah Nipah Dengan Nilai Kegunaan Sebesar 0,258. Atribut Warna Diperoleh Nilai Kegunaan Sebesar 0,018. Hasil Yang Diperoleh Untuk Atribut Tekstur Yaitu Tingkat Kekentalan Tinggi Menjadi Level Yang Sangat Disukai Oleh Responden Dengan Nilai Kegunaan Sebesar 0,109. Untuk Nilai Tingkat Kepentingan Tertinggi Terdapat Pada Atribut Rasa Yaitu 29,991%, Sedangkan Tingkat Kepentingan Kedua Adalah Atribut Tekstur Dengan Nilai 28,688%, Untuk Tingkat Kepentingan Ketiga Dan Keempat Adalah Atribut Aroma Dan Warna Dengan Nilai 25,273% Dan 16,048%.
English Abstract
Jam Products Become More Popular Among Indonesian People For Its Uniqueness. Higher Demand On Jam Products Required Jam Producers To Create New Innovations To Avoid Consumer’s Saturation On The Products. Nipah Fruit Jam Is One Of New Innovations Of Jam Products That Diversified Nipah Fruit Into Higher Economic Value Product. In This Setting, Before The Product Is Launched Into Market, It Should Be Conducted The Research On Consumer’s Preference. The Research Is Expected Can Show Consumers’ Responses And Commentaries On What Kind Jam They Prefer And Expectation On Jam Characteristics On Which Nipah Fruit Jam Will Be Developed. Questionnaire Data Is Processed Used SPSS 17.0 For Windows And It Resulted That Low Sweetness Level Is More Preferred By Respondents With Utility 0,49, And For Aroma Attribute, Respondents More Prefer Addition Of Coconut Essence On The Nipah Fruit Jam Products With Utility Score 0,258. Color Attribute Showed That Respondents More Preferred Addition Red Dye, That Is Yellow, With Utility Score 0,018. The Result On Texture Attribute Showed That High Viscosity Is Most Preferred By Consumers With Utility Score 0,109. On Highest Interest On Taste Attribute, The Score Is 29,991%, Followed By Texture Attribute With 28,688%, And Aroma And Color Attributes With 25,273% And 16,048% Respectively.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2013/267/051311646 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 12 Dec 2013 11:42 |
Last Modified: | 28 Nov 2021 11:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149375 |
![]() |
Text
skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |