Aulia, RisaniCahya (2012) Penilaian Kinerja Karyawan Bagian Penjualan Unit KPPS di KUD “BATU” Berdasarkan Kompetensi Spencer Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah proses manajemen yang penting karena dari keseluruhan sumber daya yang tersedia dalam suatu organisasi, sumber daya manusialah yang paling penting dan sangat menentukan. Salah satu faktor yang menentukan tercapainya tujuan serta keberlangsungan perusahaan adalah kinerja para karyawannya yang harus ditingkatkan. Peningkatan dapat dilakukan jika sudah diketahui kondisi kerja saat ini. Untuk itu, perlu ada penilaian untuk menentukan kondisi kerja sekarang. Penilaian yang dilakukan diharapkan dapat menginformasikan peringkat kinerja karyawan dari tinggi ke rendah. Pada penelitian ini dilakukan analisa terhadap 8 karyawan bagian penjualan KUD “BATU” yang menjual pengolahan susu pasteurisasi. Prosedur penelitian ini adalah survei pendahuluan, studi literatur, identifikasi dan perumusan masalah, penentuan batasan masalah, penentuan variabel, pendefinisian kriteria dan sub kriteria kinerja, penyusunan kuisioner, pengumpulan data, jika nilai tidak konsisten maka kembali menyusun kuisioner sedangkan jika konsisten maka langsung ke analisis data, kesimpulan dan saran. Konsep dari penilaian kinerja adalah menentukan kompetensi yang sesuai dengan job description karyawan, salah satunya berdasarkan kompetensi Spencer. Kriteria berdasarkan kompetensi Spencer ini cocok dengan job description karyawan dan dapat digunakan untuk mengukur produktivitas kinerja karyawan. Kriteria-kriteria kinerja karyawan tersebut akan dicari nilai prioritasnya atau dibobotkan dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Kemudian nilai kinerja diperingkatkan menggunakan Rating Scale. Pada hakekatnya AHP merupakan suatu model pengambil keputusan yang memperhitungkan hal- hal yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dan dapat membantu kerangka berpikir karena memasukkan persepsi manusia sebagai masukan. Berdasarkan hasil penelitian, bobot kriteria kinerja yang dihasilkan dengan nilai yang paling besar adalah Helping and Human Service (0,704), sedangkan bobot sub kriteria kinerja yang memiliki nilai paling besar adalah sub kriteria berorientasi pada pelanggan sebesar (0,625) yang dimiliki oleh kriteria Helping and Human Service. Secara keseluruhan, terdapat 1 orang yang kinerjanya bernilai Exceeds Expectation (Melebihi harapan), 4 karyawan yang bernilai Meets Expectation (Memenuhi harapan) dan 3 karyawan yang bernilai Improvement Desired (Perlu Perbaikan).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2012/283/051203833 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Oct 2012 09:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/149040 |
![]() |
Text
BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |