Putri,PiscestyaAriyanti (2012) Pengukuran Kinerja Dengan Implementasi Metode Integrated Performance Measurement System (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan jumlah rumah sakit swasta yang pesat serta pelayanan yang masih kurang dari yang diharapkan merupakan ancaman bagi rumah sakit pemerintah untuk berupaya meningkatkan daya saing. Hal tersebut berlaku pula bagi RSUD Dr. Saiful Anwar sebagai rumah sakit terbesar di kota Malang yang merupakan milik pemerintah. Untuk meningkatkan kinerja rumah sakit, maka perlu dilakukan pengukuran terlebih dahulu yang tidak hanya melibatkan stakeholder internal, namun juga stakeholder eksternal. Metode yang digunakan untuk mengukur kinerja RSUD Dr. Saiful Anwar dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Integrated Performance Measurement System (IPMS). Langkah awal penelitian ini adalah dengan mengidentifikasi stakeholder requirement yang selanjutnya mengidentifikasi external monitor, objectives, serta Key Performance Indicator. Lalu dilakukan pembobotan untuk masing-masing stakeholder, objective, serta Key Performance Indicator dengan menggunakan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Setelah melakukan pembobotan, dilakukan scorring system dengan bantuan OMAX dan traffic light. Dalam pengolahan ini akan dihasilkan KPI yang pencapaiannya sudah baik, kurang, dan kritis. Dari perancangan yang dilakukan dengan 72 KPI dengan perincian 19 KPI untuk stakeholder investor , 20 KPI untuk stakeholder customer , 16 KPI untuk stakeholder employee , 7 KPI untuk stakeholder supplier , dan 10 KPI untuk stakeholder regulator and community dapat dihasilkan bahwa kinerja RSUD Dr. Saiful Anwar secara keseluruhan dapat dikatakan belum mencapai performa yang diharapkan. Hal ini dikarenakan nilai indeks total yang dihasilkan masih berada pada kategori kuning, yaitu sebesar 7,8863. Sebanyak 9 KPI merupakan kategori kritis dan 5 KPI merupakan kategori mendekati kritis. Sebagian besar KPI yang harus diperbaiki adalah milik investor, customer, dan supplier yang menunjukkan bahwa requirement untuk ketiga stakeholder tersebut belum terpenuhi. Untuk meningkatkan pencapaian target yang ditentukan maka diberikan beberapa rekomendasi perbaikan agar kebutuhan dan keinginan stakeholder dapat terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2012/230/051202149 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Jul 2012 10:36 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141383 |
Preview |
Text
051202149.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |