Analisis Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Goreng (Studi Di Miami Chicken Sigura-Gura Kota Malang

Suryaningrum, Widya (2015) Analisis Strategi Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Ayam Goreng (Studi Di Miami Chicken Sigura-Gura Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis restoran sedang berkembang pesat di Kota Malang dan bisnis ini sangat menjanjikan. Menghadapi persaingan yang semakin ketat memaksa pelaku bisnis untuk bisa meramu strategi pemasaran yang efektif khususnya dari segi promosi. Strategi promosi yang baik dapat menimbulkan kepuasan konsumen sehingga menjadi indikator keberhasilan perusahaan dalam mencapai keuntungan yang optimal. Strategi promosi yang tercipta diharapkan agar konsumen mengetahui keberadaan perusahaan dan menyukai produk yang dihasilkan. Penelitian dilakukan di Miami Chicken yang bertempat di Jalan Bendungan Sigura-Gura No. 30 C, Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 1 Januari sampai 28 Februari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen ayam goreng pada viii Miami Chicken, mengetahui strategi promosi yang diterapkan di Miami Chicken dan mengetahui pengaruh strategi promosi yang dilakukan oleh Miami Chicken terhadap kepuasan konsumen ayam goreng. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan responden jika dipandang cocok dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi berganda. Berdasarkan survei yang telah dilakukan di Miami Chicken diketahui bahwa responden berusia 11-20 tahun (46%), berjenis kelamin perempuan (63%), berstatus mahasiswa (67%) dengan tingkat pendidikan terakhir Sarjana (45%) dan memiliki pendapatan sebesar <Rp.500.000 (41%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 15 item memiliki nilai rhitung > rtabel (0,197) dan semua variabel memiliki nilai Koefisien Alpha Cronbach lebih besar dari 0,5. Hal ini menunjukkan bahwa semua item dapat disimpulkan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil dari analisis faktorial yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa seluruh indikator yang berjumlah 15 indikator mampu membentuk 6 faktor baru. Keenam faktor tersebut adalah indeks “atribut pelayanan”, indeks “aktivitas layanan masyarakat”, indeks “daya saing”, indeks “media promosi”, indeks “brosur dan pertemuan ix penjualan” dan indeks “poster dan telekomunikasi”. Data hasil analisis faktor kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan regresi berganda. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan diketahui bahwa Fhitung (78,010) > Ftabel (1,90) artinya bahwa secara simultan indeks “atribut pelayanan”, “aktivitas layanan masyarakat”, “daya saing”, “media promosi”, “brosur dan pertemuan penjualan” dan “poster dan telekomunikasi” berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan berdasarkan uji t diketahui bahwa thitung > ttabel (1,66) sehingga dapat disimpulkan bahwa indeks “atribut pelayanan” berpengaruh signifikan (p<0,001) terhadap kepuasan konsumen, indeks “aktivitas layanan masyarakat” berpengaruh signifikan (p<0,005) terhadap kepuasan konsumen, indeks “daya saing” berpengaruh signifikan (p<0,5) terhadap kepuasan konsumen, indeks “media promosi” berpengaruh sangat signifikan (p<0,000) terhadap kepuasan konsumen, indeks “brosur dan telekomunikasi” berpengaruh sangat signifikan (p<0,000) terhadap kepuasan konsumen dan indeks “poster dan telekomunikasi” berpengaruh sangat signifikan (p<0,000) terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian adalah Karakteristik konsumen di Miami Chicken Sigura-Gura Kota Malang adalah perempuan berusia <20 tahun yang berstatus mahasiswa dengan tingkat pendidikan terakhir Sarjana (S1) dan memiliki pendapatan sebesar <Rp.500.000. Strategi promosi yang dilakukan oleh Miami Chicken x Sigura-Gura Kota Malang berdasarkan prioritas adalah “atribut pelayanan”, “aktivitas layanan masyarakat”, “daya saing”, “media promosi”, “brosur dan pertemuan penjualan” dan “poster dan telekomunikasi”. Strategi promosi “atribut pelayanan”, “aktivitas layanan masyarakat” dan “daya saing” berperan paling dominan dalam meningkatkan kepuasan konsumen dan diikuti oleh strategi promosi “media promosi”, “brosur dan pertemuan penjualan” dan “poster dan telekomunikasi”. Saran penelitian adalah perlu dilakukan peningkatan pada struktur nota pembelian dengan penulisan produk yang dibeli, waktu transaksi dan pelayan yang melayani transaksi. Hubungan masyarakat lebih ditingkatkan lagi dengan melakukan kegiatan yang dapat menarik konsumen. Kegiatan pasar malam lebih dioptimalkan dengan pemberian hadiah maupun souvenir bagi pengunjung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/80/051503081
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 May 2015 09:58
Last Modified: 24 Nov 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137678
[thumbnail of Analisis_Strategi_Promosi_Terhadap_Kepuasan_Konsumen_Ayam_Goreng_(Studi_di_''Miami_Chicken''_Sigura-Gura_Kota_Malang).pdf] Text
Analisis_Strategi_Promosi_Terhadap_Kepuasan_Konsumen_Ayam_Goreng_(Studi_di_''Miami_Chicken''_Sigura-Gura_Kota_Malang).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item