Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sate Kelinci (Studi Pada Lesehan Sate Kelinci dan Warung Sate Kelinci di Kota Wisata Batu)”

Purwaningsih, Anik (2014) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sate Kelinci (Studi Pada Lesehan Sate Kelinci dan Warung Sate Kelinci di Kota Wisata Batu)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu cara untuk mengetahui keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan adalah dengan melakukan analisis tanggapan konsumen. Hal ini perlu diteliti lebih lanjut berkenaan dengan keputusan pembelian dari konsumen dalam pembelian produk. Judul yang diambil dalam penulisan skripsi adalah “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Sate Kelinci (Studi pada Lesehan Sate Kelinci dan Warung Sate Kelinci Di Kota Wisata Batu). Metode yang digunakan adalah survei terhadap konsumen di Lesehan Sate Kelinci Batu dan di Warung Sate Kelinci Beji. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui keputusan pembelian sate kelinci dan faktor-faktor bauran pemasaran yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pembelian sate kelinci. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling sedangkan metode pengambilan sampel yaitu dengan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Hasil analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Analisis faktor menghasilkan lima faktor baru yang dapat mewakili ke 14 item variabel di Lesehan Sate Kelinci Batu yaitu kualitas pelayanan, kelayakan harga, produk dan ketepatan, media promosi, dan kebersihan restoran, sedangkan di Warung Sate Kelinci Beji analisis faktor menghasilkan empat faktor baru yang dapat mewakili ke 14 item variabel yaitu kualitas pelayanan, harga dan kesesuaian porsi, media promosi, dan produk. Hasil pengujian analisis regresi berganda menunjukkan terdapat 3 variabel dari hasil faktor dengan nilai R square sebesar 0,626 berpengaruh terhadap keputusan pembelian sate kelinci di Lesehan Sate Kelinci Batu. “Kualitas pelayanan” dan “kebersihan restoran” memberikan pengaruh yang sangat signifikan dengan nilai p < 0,000, “kelayakan harga” berpengaruh signifikan dengan nilai p < 0,05 sedangkan di Warung Sate Kelinci Beji terdapat 2 variabel dari hasil faktor dengan nilai R square sebesar 0,375, “kualitas pelayanan” dan “harga dan kesesuaian porsi” berpengaruh signifikan dengan nilai p < 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian diperoleh bahwa di Lesehan Sate Kelinci Batu, konsumen merasa senang dan puas sehingga memutuskan untuk membeli ulang, tertarik terhadap sate kelinci, bersedia merekomendasikan sate kelinci kepada orang lain dan yakin untuk mengkonsumsi sate kelinci. “kualitas pelayanan”, “kebersihan restoran” dan “kelayakan harga” berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sate kelinci di Lesehan Sate Kelinci Batu, sedangkan di Warung Sate Kelinci Beji, konsumen setuju bahwa konsumen merasa senang dan puas sehingga memutuskan untuk membeli ulang, merekomendasikan sate kelinci kepada orang lain, memiliki keyakinan untuk memilih sate kelinci dan tertarik terhadap sate kelinci. “kualitas pelayanan” dan “harga dan kesesuaian porsi” berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sate kelinci di Warung Sate Kelinci Beji. Saran untuk penelitian yang telah dilakukan adalah perlu dilakukan peningkatan pada indikator kualitas pelayanan, diharapkan produsen melakukan survei harga pada rumah makan lain sebagai pembanding dalam menentukan harga, dan rasa khas serta aroma produk perlu dipertahankan agar dapat mempertahankan konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian.

English Abstract

Research was conducted at the “Lesehan Sate Kelinci Batu” and “Warung Sate Kelinci Beji”, located in Jl. Patimura No. 126 Batu and Jl. Raya Beji Ir. Soekarno No. 36 Batu. Research was conducted from 22 January until 28 February, 2014. The purpose of this research was to analyze the consumers purchasing decision towards “sate kelinci” and to investigate the marketing mix affection in buying “sate kelinci” in Lesehan Sate Kelinci Batu and Warung Sate Kelinci Beji. 110 consumers were obtained by accidental sampling method. Primary data were collected from structured quitioner and survey method. Secondary data were gathered from the restaurant and other related sources. Factor analysis and multiple regression were applied to analyse the data. Result showed that consumers purchasing decision toward “sate kelinci” in “Lesehan Sate Kelinci Batu” was represented by repeating buying, having interest in “sate kelinci”, recommending “sate kelinci” to others, and having confidence in consuming “sate kelinci”. Whereas in “Warung Sate Kelinci Beji”, consumers purchasing decision was represented when they perceived happy feeling in repeating buying, recommending to other, having confident and interest in selecting “sate kelinci”. Consumers purchasing decisions towards “sate kelinci” in “Lesehan Sate Kelinci Batu” was positively and influenced by “service quality”, “reasonable price” and the “cleanliness of the restaurant”. Whereas in “Warung Sate Kelinci Beji”, “service quality”, “price and suitable portion” had a positive influence on purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/99/051403600
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:46
Last Modified: 20 Oct 2021 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137355
[thumbnail of BAB_III.pdf] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_IV.pdf] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Riwayat,_abstract,_Kata_pengantar,_daftar_isi.pdf] Text
Riwayat,_abstract,_Kata_pengantar,_daftar_isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item