Djoedir, Belsazar Elgiborado Giovani (2018) Implementasi Low Power Mode Pada Sistem Keamanan Ignition Coil Breaker Sepeda Motor Dengan Pengenalan Sidik Jari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin meningkat tentu menghasilkan banyak keuntungan. Demikian juga halnya dengan tindakan kriminal seperti pencurian kendaraan bermotor dimana pelakunya melakukan aksi mulai dari menggunakan kunci T dan cairan kimia. Dari permasalahan inilah muncul ide untuk membuat sistem keamanan biometrik kendaraan bermotor menggunakan sidik jari dengan menerapkan low power. Sistem keamanan biometrik dengan sidik jari sendiri merupakan sistem keamanan yang sangat menjanjikan dan tentu sudah sangat banyak ditemui diberbagai perangkat seperti smartphone misalnya. Selain itu, penerapan low power juga akan membantu efisiensi energi dari sistem keamanan. Sistem keamanan ini dibuat dengan menggunakan sensor sidik jari R305 sebagai tempat penyimpanan sidik jari yang akan digunakan dan input untuk mendeteksi sidik jari dari pengguna, mikrokontroler arduino nano v3.0 sebagai otak untuk mengolah data dari sensor sidik jari serta modul relay yang berfungsi sebagai saklar yang terhubung pada ignition coil system pada sepeda motor. Sistem ini juga didukung dengan fitur wake dan sleep dengan external interrupt berupa push button untuk memicu kondisi wake dari sleep. Sensor sidik jari melakukan dua proses yaitu, enroll dan authentication. Proses enroll, yaitu mendaftarkan dan menyimpan sidik jari yang akan digunakan. Sensor sidik jari juga melakukan proses authentication, yaitu proses pencocokan input sidik jari dengan sidik jari yang terdapat di memori sensor sidik jari. Sistem kemudian diimplementasikan kepada ignition coil system pada sepeda motor. Implementasi pada sepeda motor hanya menggunakan proses authentication sidik jari sehingga saat sidik jari sesuai maka sepeda motor akan dapat dinyalakan. Dari pengujian menunjukkan bahwa sensor sidik jari berhasil melakukan proses enroll dan authentication. Dari pengujian juga diperoleh penurunan konsumsi arus yang digunakan sistem yang mencapai 32,95 % dari nilai awal rata-rata 0,176 A menjadi 0,118 A saat modul relay aktif. Sedangkan saat modul relay tidak aktif, penurunan konsumsi arus mencapai 51,92 % dari nilai awal rata-rata 0,104 A menjadi 0,05 A. Selain itu, hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem membutuhkan waktu rata-rata 134,2 milidetik untuk wake dari kondisi sleep.
English Abstract
The development of science and technology is increasing and generate many advantages. In the other hand, criminal offense also increasing such as motorcycyle theft where the criminal subject take action by using the T key and chemical liquids. As the result based on this problem, the idea to make biometric security for motorcycle using fingerprint sensor by applying low power appeared. Biometric security system with fingerprint sensor is a very promising security system and certainly has been very much found in various devices such as smartphones. In addition, the application of low power will also help the energy efficiency of the security system. This security system is made using the R305 fingerprint sensor as the input to detect the user’s fingerprint and register the fingerprint’s user to its memory, arduino nano v3.0 as the microcontroller to process data from the fingerprint sensor and relay module as a switch that connected to the ignition coil system on the motorcycle. This system is also supported with wake and sleep feature with external interrupt in the form of push button to trigger wake condition from sleep. Sensor fingerprint perform two processes, enroll and authentication. Enroll process is registering and saving the user’s fingerprint input that would like to be used. Authentication process is matching user’s fingerprint input with the fingerprint that registered in the memory of the fingerprint sensor. The system is implemented to the ignition coil system on the motorcycle. Implementation on a motorcycle uses only the fingerprint authentication process so that when the fingerprint from user’s input matched with fingerprint in the memory then the motorcycle can be ignited by user. From the test a fingerprint sensor successfully perform enroll and authentication. From the test also obtained a decrease in current consumption used by system and reach 32.95% from the initial average value of 0.176 A to 0.118 A, when the relay module is active. While the relay module is inactive, the decrease in current consumption reach 51.92% from the initial average value of 0.104 A to 0.05 A. In addition, the test results show that the system takes an average time of 134.2 milliseconds for wake from sleep condition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/375/051805856 |
Uncontrolled Keywords: | fingerprint, low power, motorcycle security system, ignition coil |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.389 Security, sound recording, related systems > 621.389 2 Pubic address, security, related systems > 621.389 28 Security electronics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 01:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13481 |
Preview |
Text
Belsazar Elgiborado Giovani Djoedir.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |