Kurniasari, Lupi (2015) Analisis Ekuitas Merek (Brand Equity) Produk Kacang Atom (Studi Kasus Di Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG) khususnya makanan dan minuman telah mengalami perkembangan yang pesat. Pertumbuhan rata rata per tahun PDB industri makanan dan minuman selama tahun 2010-2014 tertinggi diantara sektor industri manafaktur lainnya. Salah satu industri makanan yang sedang berkembang yaitu industri kacang atom, yang ditandai dengan banyak bermunculan merek merek yang beredar dipasaran. Merek merek tersebut tidak hanya dari merek nasional seperti Garuda dan Sukro, namun juga terdapat merek lingkup lokal seperti Gangsar, Putri Panda, Oke dan Kancil. Menanggapi peluang tersebut upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan dan mempertahankan pasar salah satunya dapat dilakukan dengan membangun ekuitas merek (brand equity) yang kuat terhadap merek sehingga merek menjadi perstisius. Penelitian ini secara umum menganalisis ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari (1) kesadaran merek (brand awareness), (2) asosiasi merek (brand association), (3) persepsi kualitas (perceived quality), dan (4) loyalitas merek (brand loyalty) terhadap produk kacang atom. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini, (1) analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis kesadaran merek (brand awareness), (2) uji cohcran yang digunakan untuk menganalisis asosiasi merek (brand association), (3) skala semantic differential digunakan untuk menganalisis persepsi kualitas (perceived quality), dan (4) skala likert digunakan untuk menganalisis loyalitas merek (brand loyalty). Hasil analisis yang diperoleh antara lain kesadaran merek (brand awareness) produk kacang atom yang terdiri dari tingkatan puncak pikiran (top of mind) dimiliki oleh kacang atom merek Gangsar. selanjutnya pada tingkatan pengingatan kembali merek (brand recall) ada pada merek sukro. Pada tingkatan pengenalan merek (brand recognition) ada pada merek Garuda. tingkatan paling rendah yaitu tidak menyadari merek ( brand unaware) ada pada merek Oke. Pengujian asosiasi merek (brand association) terhadap produk kacang atom. asosiasi merek yang membentuk merek Gangsar meliputi harga kacang atom terjangkau, rasa yang enak, kemudahan memperoleh dan tersedia dimana mana. Asosiasi merek yang membentuk merek sukro yaitu harga kacang atom terjangkau, kemudahan memperoleh, tahan lama dan kemasan bagus. Kemudian asosiasi merek yang membentuk merek Garuda adalah adalah rasa yang enak, kemudahan memperoleh, tersedia dimana mana, tahan lama, dan kemasan bagus. Namun ada dua merek yang tidak memiliki asosiasi pembentuk yaitu merek Putri Panda dan merek Oke. Dikarenakan sampai tahap akhir pengujian tidak diperoleh hasil asosiasi merek yang membentuk merek tersebut. Hasil analisis persepsi kualitas (perceived quality) dari produk kacang atom, diperoleh hasil merek yang paling tinggi ada pada merek Garuda, dilihat dari beberapa atribut yang diujikan (1) kacang atom dibuat dengan bahan yang berkualitas, (2) kacang atom tahan lama, (3) kacang atom memiliki rasa yang khas, (4) aman dikonsumsi, (5) tersedia informasi produk pada kemasan, dan (6) iv kacang atom memiliki mutu yang baik. Secara umum setiap merek memiliki nilai selisih yang tidak jauh berbeda untuk tiap atribut. Loyalitas merek (brand loyalty) pada penelitian hanya dibatasi pada merek lokal Gangsar karena responden pada penelitian ini tertinggi merupakan konsumen dari merek Gangsar. Hasil analisis diperoleh nilai tertinggi ada pada tingkat menyukai merek (liking the brand) yang artinya merek tersebut disukai dan dapat diterima oleh konsumen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan bagi perusahaan yaitu (1) meningkatkan jumlah konsumen yang berada pada posisi puncak pikiran (top of mind) pada analisis kesadaran merek (brand awareness) terutama merek lokal dengan melakukan distribusi produk secara luas masyarakat akan lebih familiar terhadap merek karena produk tersedia dimana mana, (2) Kualitas produk kacang atom harus ditingkatkan terutama pada kualitas ketahanan produk, sehingga kualitas dari kacang atom merek lokal dapat bersaing dengan kacang atom merek terkenal.
English Abstract
Business development of Fast Moving Consumer Goods (FMCG), especially food and drink have developed rapidly. The average growth of PDB value per year for food and drink industries during the year 2013-2014 have the highest value among other manufactural industries. One of the snack industries that currently still developing is kacang Atom. the brand was not only form national brand like Garuda and Sukro but there are also local brands such as Gangsar, Putri Panda, Oke dan Kancil. One of the effort to develop and maintain the market can be done through building a strong brand equity that make it prestigious. This study is generally analyze the brand equity which consists of (1) brand awareness, (2) association of the brand, (3) perceived quality, and (4) brand loyalty form kacang atom product. Analysis method used in this research, (1) descriptive analysis used to analyze brand awareness, (2) cohcran test used to analyze association, (3) semantic differential scale used to analyze the perceived quality, and (4) likert scale used to analyze brand loyalty. the results of the analysis obtained awareness brand for kacang atom product consisting of the top of mind has by Gangsar brand . Next on a level of ( brand recall is on Sukro brand . In the level of brand recognition is on Garuda brand. For unaware brand is on Oke brand. The testing on brand association with Cochran test showed that brand association that formed the Gangsar brand is affordable price, good taste, easy to get and available everywhere. affordable price, easy to get, perishable and good packaging. Brand association that formed the Garuda brand is good taste, easy to get, perishable and good packaging. But two brand that doesn’t have association former are Putri Panda brand and Oke brand. The last brand on this research is Kancil brand, brand association that formed the Kancil brand is affordable price, easy to get and available everywhere. The result of perceived quality showed that Garuda brand has the highest value from other brands. Seen from several attributes tested (1) kacang atom made with the quality, (2) kacang atom is durable, (3) kacang atom has a distinctive taste, (4) safe to be consumed, (5) information available around products, and ( 6 ) kacang atom having a good quality. In general every brand of the difference between that is not very different for each attribute. Loyalty of brand in the study is limited to the local brands Gangsar as respondents in this study is the highest consumer came from the brand Gangsar . The highest values obtained results of the analysis is on the level like the brand, which means that the brand is preferred and can be accepted by consumers. Based on the result of this research, the suggestion for the company are 1) To increase the number of consumer in top of mind position on brand awareness analysis by increasing the sales of product at everywhere because consumer will be more familiar to the brand, (2) the quality of kacang atom product must be vi improved, especially on resistance product, so the quality of local brand could be equivalent with another brand such as national brand, so there will be more consumer that give positive impression of local brand.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2015/935/ 051600022 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 14:58 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 07:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130986 |
Preview |
Text
115040101111072_BAB 3.pdf Download (253kB) | Preview |
Preview |
Text
115040101111072_BAB 5.pdf Download (503kB) | Preview |
Preview |
Text
115040101111072_COVER + DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
Preview |
Text
115040101111072_BAB 4.pdf Download (556kB) | Preview |
Preview |
Text
115040101111072_BAB 1.pdf Download (201kB) | Preview |
Preview |
Text
115040101111072_BAB 2.pdf Download (336kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |