Aprilia, Vindah (2013) Peran Periklanan dan Brand Awareness Dalam Keputusan Pembelian Petani Pada Produk Benih Jagung Hibrida NK 6326 (Desa Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permintaan produk pertanian oleh masyarakat semakin beragam, terutama pada permintaan komoditas jagung yang cukup tinggi. Bila hal ini terus terjadi maka kebutuhan impor jagung tidak akan pernah bisa lepas dari negara ini. Diperlukan sebuah strategi matang dari pemerintah maupun produsen benih untuk mengatasinya, yaitu sebuah kebijakan yang mendukung peningkatan produksi jagung dalam negeri. Bagi produsen benih, penting untuk mengetahui factorfaktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian petani terhadap benih jagung, terutama jagung hibrida. Pemanfaatan jagung hibrida perlu dikembangkan di Indonesia sebagai alternatif peluang dalam mempertahankan jagung dalam negeri. Dalam hal ini, PT. Syngenta sebagai perusahaan atau produsen benih hibrida harus memiliki berbagai strategi ampuh dalam proses pemasarannya seperti penawaran dan promosi melalui media iklan serta menumbuhkan kesadaran merk suatu produk benih yang diproduksi. Kedua komponen strategi tersebut harus diterapkan dengan baik oleh perusahaan terutama untuk mengetahui seberapa besar pengarunya terhadap keputusan pembelian petani. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui peran periklanan dan brand awareness yang dapat mempengaruhi petani dalam hal penetapan keputusan pembelian pada benih jagung hibrida NK 6326, (2) Menganalisis pengaruh secara parsial dari peran periklanan dan brand awareness yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian petani pada benih jagung hibrida NK 6326. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : (1) Diduga peran periklanan dan brand awareness dapat mempengaruhi petani dalam hal penetapan keputusan pembelian pada benih jagung hibrida NK6326, (2) Diduga terdapat pengaruh secara parsial dari peran periklanan dan brand awareness yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian petani pada benih jagung hibrida NK 6326. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jangur, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan alasan bahwa daerah ini merupakan area potensial lahan jagung dengan kondisi tanah persawahan yang subur dan merupakan wilayah target pemasaran benih jagung hibrida dari berbagai perusahaan benih multinasional, yakni perusahaan dari benih Pioneer, BISI, DK, dan termasuk NK, khusunya NK 6326. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling secara Accidental Sampling dikarenakan jumlah populasi yang menggunakan benih jagung hibrida NK 6326 di Desa Jangur (lokasi penelitian) tidak diketahui secara pasti dan jelas. Sedangkan penentuan jumlah sample digunakan metode Maholtra. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencarian data primer dan sekunder dengan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, reliabilitas dan analisis logit. Berdasarkan hasil penelitian, pada uji validitas terdapat 3 dari atribut gambar iklan, slogan, dan desain kemasan yang dinyatakan tidak valid sehingga tidak dapat digunakan lagi untuk analisis selanjtnya, sedangkan atribut lainnya dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas, semua atribut dinyatakan reliabel dikarenakan nilai Rhitung > Rtabel (0,6). Reliabel berarti semua atribut atau istrumen pengukuran tersebut apabila dipakai secara berulang-ulang oleh siapapun terhadap populasi yang sama akan relatif stabil. Dari hasil analisis logit khususnya pada kelima uji model yang terlebih dahulu dilakukan didapatkan beberapa hasil. Pada uji seluruh model (Uji G) variabel-variabel bebas yang meliputi periklanan dan kesadaran merk dapat dimasukkan ke dalam model, dalam uji Log Likelihood dinyatakan bahwa model regresi pada penelitian ini sudah baik, selanjutnya pada uji Goodness Of Fit terdapat ketepatan model dengan variabel bebas yang meliputi periklanan dan kesadaran merk sebesar 46,4% sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan, sedangkan pada uji Wald dapat diketahui bahwa hanya ada satu variabel yang signifikan terhadap alpha yakni variabel kesadaran merk (X2). Untuk variabel periklanan (X1) dikatakan tidak signifikan pada alpha dikarenakan nilai uji wald lebih kecil dari nilai alpha. Dalam uji korelasi parsial yang dilakukan berfungsi untuk melihat pengaruh dari variabel terikat dan variabel bebas. Dari perhitungan nilai yang dilakukan, variabel kesadaran merk memiliki nilai paling rendah sehingga dapat dikategorikan sebagai variabel yang paling dominan dalam pengambilan keputusan. Hal ini berarti petani lebih memperhatikan faktor kesadaran merk sebelum melakukan keputusan pembelian seperti melihat pada aspek pengetahuan merk maupun keterangan-keterangan pada produk yang cukup membantu mereka dalam memperoleh informasi produk benih apa yang akan digunakan pada musim tanam selanjutnya. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah : (1) Bagi perusahaan, dikarenakan variabel periklanan tidak cukup berpengaruh pada keputusan pembelian petani, maka sebaiknya unsur iklan tidak menjadi faktor penting perusahaan dalam penawaran produk. Yang lebih diutamakan adalah unsur produk yang berkaitan dengan kesadaran merk sehingga hal tersebut dapat berpengaruh langsung terhadap pengambilan keputusan petani secara kontinyu dalam penggunaan benih jagung hibrida NK 6326, (2) Bagi peneliti selanjutnya, Diperlukan beberapa penambahan variabel atau atribut yang lebih rinci sehingga lebih diketahui variabel apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian petani pada benih jagung hibrida NK 6326 di luar variabel kesadaran merk serta penambahan informasi mengenai alasan variabel periklanan tidak cukup berpengaruh secara nyata pada keputusan pembelian petani.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2013/94/051305860 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 09:52 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129539 |
Preview |
Text
SKRIPSI_VINDAH_A.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |