Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Benih Bersertifikat Bintang Asia (Studi Kasus Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang).

Kusumasari, Ervina (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Benih Bersertifikat Bintang Asia (Studi Kasus Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangannya PT. Benih Citra Asia memiliki banyak kompetitor yang kompeten dan berkualitas dalam pengadaan benih. Untuk wilayah pemasaran Malang khususnya, banyak petani yang belum mengetahui tentang PT. Benih Citra Asia yang terkenal dengan nama dagang Bintang Asia. Hal ini dikarenakan perusahaan benih multinasional masih mendominasi pangsa pasar petani di wilayah Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT. Benih Citra Asia dan untuk menganalisis pengaruh persepsi produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian benih bersertifikat Bintang Asia oleh petani di Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja. Lokasi penelitian berada di Desa Bocek, Kecamatan Karang Ploso, Kabupaten Malang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Probability Sampling dengan metode penentuan sampling menggunakan Cluster Sampling. Penentuan responden diklasifikasikan secara acak berdasarkan pada penggunaan benih Bintang Asia. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah data primer, yang diambil langsung dari objek penelitian dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini analisis kuantitatif yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis regresi logit. Jenis produk yang diproduksi oleh PT. Benih Citra Asia adalah benih hortikultura hasil dari pemuliaan tanaman sehingga mendapatkan keturunan yang jelas. Harga yang ditawarkan oleh PT. Benih Citra Asia bervariasi tergantung dari varietas benih dan apakah benih tersebut hibrida atau non hibrida. Untuk benih hibrida harganya lebih mahal dibandingkan dengan non hibrida karena dari segi kualitas benih hibrida jauh lebih baik. Pendistribusian produk kepada konsumen tidak dijual secara langsung namun melalui marketing yang menawarkannya ke toko-toko pertanian. Promosi yang dilakukan oleh PT. Benih Citra Asia yaitu penyuluhan, demo plot, farmer field day, study banding, regional expo, launching / relaunching, road show, expo nasional, dan dealer meeting. Dalam model ini variabel X3 (saluran distribusi) dan X4 (promosi) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian benih Bintang Asia sebesar 0,069 dan 0,015. Hal ini dikarenakan benih Bintang Asia mudah ditemukan di toko-toko pertanian yang ada di Malang Raya serta akses untuk mencapai ke toko pertanian terbilang mudah dan petani baik pengguna maupun non pengguna tertarik untuk melakukan pembelian benih Bintang Asia setelah melihat promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Promosi yang dilakukan oleh perusahaan seperti personal selling, demo plot, pemberian sampel kepada petani dan contoh produk Bintang Asia yang ada di toko.

English Abstract

In its development PT. Benih Citra Asia having many competitors competent and qualified in procuring seeds. Marketing to the poor in particular, a lot of farmers do not yet know about PT. Benih Citra Asia for its trade name Bintang Asia. It was because the multinational companies seed still dominate the market share of poor farmers in the region. The purpose of this study was to describe the marketing mix PT. Benih Citra Asia and to analyse the influence of perceptions of product, price, distibution and promotion of certified seed Bintang Asia purchases by farmers in Bocek Village, Karang Ploso sub-district, Malang Regency. The determination of location in this research is done on purpose. The site is located in Bocek Village, Karang Ploso sub-district, Malang Regency. The withdrawal of samples technique used Probability Sampling with methods the determination of sampling using Cluster Sampling. The determination of the respondents classified at random based on the use of Bintang Asia. A method of collecting data on this research is the primary data that which is taken directly from an object research by using a questionnaire. In this research quantitative analysis by using the method is applicable in regression analysis logit. A type of product produced by PT. Benih Citra Asia is seed horticulture results from breeding plants so getting the clear. The price offered by PT. Benih Citra Asia depends on whether the hybrid seeds and non hybrid. For hybrid seeds the price is more expensive than non hybrid because in terms of quality seeds hybrid much better. Distribution of products sold to customers not directly but through agricultural marketing to stores that offer him. Promotion done by PT. Benih Citra Asia Seed, namely image rallying plot, farmer field day, study appeal, regional expo, launching / relaunching, the road show, expo national and dealer meeting. In this model the variable X3 (distribution channel) and X4 (promotion) effect significantly to variable Bintang Asia seed purchase decisions of 0,069 and 0,015. This is because Bintang Asia easily found in agricultural store in Malang with access to reach the agricultural store is quite easy and the farmers both users and non users are interested in making a purchase after viewing Bintang Asia seed promotion undertaken by the company. The promotion which is doing by company such as personal selling, demo plot, giving sample to farmer and sample products of Bintang Asia in store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2013/175/051307622
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 13 Nov 2013 08:53
Last Modified: 20 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129289
[thumbnail of skripsi_full.pdf]
Preview
Text
skripsi_full.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item