Perbedaan Pengendalian Emosi Marah Antara Laki-Laki Dan Perempuan Pada Masa Dewasa Awal.

Hardiyani, Tania (2014) Perbedaan Pengendalian Emosi Marah Antara Laki-Laki Dan Perempuan Pada Masa Dewasa Awal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Emosi marah adalah salah satu jenis emosi negatif yang paling sulit dikendalikan. Kemarahan yang tidak terkendali dapat menimbulkan perilaku-perilaku yang agresif baik secara verbal maupun non verbal, hal ini dapat merusak relasi dengan orang lain dan merugikan bagi diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan tingkat pengendalian emosi marah laki-laki dan perempuan pada masa dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi. Subjek penelitian adalah 31 mahasiswa laki-laki dan 51 mahasiswa perempuan yang merupakan mahasiswa S-1 penerima bidik misi Universitas Brawijaya angkatan tahun 2010 yang berstatus aktif dengan batasan usia 20-22 tahun. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportional Stratified Random Sampling . Teknik uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t atau uji perbedaan rata-rata ( Independent Sample Test ). Hasil dari penelitian menyatakan bahwa tidak ada perbedaan pengendalian emosi marah antara laki-laki dan perempuan pada masa dewasa awal dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,734 (p>0,05). Kesimpulan yang diperoleh adalah pengendalian emosi marah yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan pada masa dewasa awal adalah baik dan setara.

English Abstract

Anger is one of negative emotions which are the hardest to manage. Uncontrolled anger may generate aggressive behaviors verbally as well as non verbally, and this behavior may damage one’s relationship with others and harm oneself. The purpose of this study is to see the difference of anger management level between male and female in early adulthood. This study used quantitative approach with comparative methods. The subject of the study are 31 male and 51 female of which all are undergraduates, receivers of Bidik Misi Scholarship Program of Brawijaya University year of 2010 with active status in the age’s range of 20 – 22 years old. This study is using Proportional Stratified Random Samplings its sampling technique. Hypothesis test technique used in this study is t-test or average contrast test ( Independent Sample Test ). The result of this study points out that there is no difference in anger management level between male and female in early adulthood with significant mark (p) of 0,734 (p>0,05).Conclusion of the study is that the anger management owned by male and female in early adulthood is good and equa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2014/95/051402398
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Apr 2014 10:18
Last Modified: 21 Oct 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121239
[thumbnail of 051402398.pdf]
Preview
Text
051402398.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item