Implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 Tentang Program Adiwiyata

Jayantie, HamidaAprillia (2016) Implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 Tentang Program Adiwiyata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan permasalahan lingkungan di Indonesia semakin luas dengan penurunan kualitas dan daya dukung lingkungan hidup, yang diakibatkan oleh perilaku dan tindakan manusia serta jumlah dan intensitas bencana yang sering terjadi. Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan lingkungan hidup sesuai konsep Pembangunan Berkelanjutan ialah Pendidikan Berwawasan Lingkungan melalui Program Adiwiyata atau perwujudan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kota Malang ialah salah satu sekolah yang mengimplementasikan program Adiwiyata. Dalam pelaksanaanya ditemukan kendala yangmana dikemudian hari dapat mempengaruhi keberlanjutan lingkungan hidup sekolah. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara narasumber, observasi lapangan, dokumentasi dan studi kepustakaan. Fokus penelitian ini ialah pelaksanaan program Adiwiyata berdasarkan Komponen dan Standar Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 dan model implementasi kebijakan oleh Van Metter dan Van Horn beserta faktor-faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian dalam menganalisis data dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan 5 variabel yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, sikap/kecenderungan para pelaksana, dan komunikasi antar organisasi dan aktivitas pelaksana. Secara keseluruhan telah dilaksanakan dan diupayakan secara maksimal oleh warga sekolah. Dengan adanya jenjang pendidikan dan kompetensi tenaga pendidik, keuangan yang transparan, ketersediaan sarana prasarana, dan partisipasi pihak luar. Namun didalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala-kendala yang memicu keberlangsungan program antara lain kurangnya partisipasi peserta didik akibat minimnya pemahaman, sumber dana yang kurang mencukupi dan masih terbatas, sarana prasarana yang tidak berfungsi secara maksimal, dan kurangnya partisipasi sekolah imbas. Saran dalam penelitian ialah hendaknya meningkatkan pemahaman dan partisipasi peserta didik, mengurangi kegiatan yang membutuhkan pengeluaran dana, perbaikan ketersediaan sarana prasarana, menjaga dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi kepada pihak luar khususnya meningkatkan pemahaman sekolah imbas serta penerapan program Adiwiyata tetap terjaga dan adanya inovasi pengembangan program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/72/051602357
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:24
Last Modified: 18 Oct 2021 21:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119074
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item