Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Bidang Perijinan (Studi tentang Ijin HO, IMB dan SIUP di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Bangkalan),

Wulandari, DindaArtha (2015) Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Bidang Perijinan (Studi tentang Ijin HO, IMB dan SIUP di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Bangkalan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

.Birokrasi pemerintah memiliki tujuan yang tugas utamanya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu birokrasi pemerintah yang dimaksud adalah yang berada di Kabupaten Bangkalan yakni Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Bangkalan. Penulis mengambil contoh di KPPT Kabupaten Bangkalan dikarenakan pada KPPT tersebut terjadi masalah dalam bidang perijinan yang meliputi perijinan HO, IMB dan SIUP. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui, dan mendiskripsikan tentang penyelenggaraan pelayanan publik di bidang perijinan HO, IMB dan SIUP serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan publik di KPPT Kabupaten Bangkalan. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian yaitu (1) penyelenggaraan pelayanan publik pada ijin HO, IMB dan SIUP, dan (2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelayanan publik di KPPT. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis dari Miles Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian, penulis membahas tentang fokus penelitian tentang penyelenggaraan pelayanan publik yang meliputi (1) pola penyelenggaraan pada KPPT telah sesuai dengan teori pola penyelenggaraan pelayanan publik, (2) persyaratan dan prosedur pelayanan perijinan HO,IMB dan SIUP, dan (3) pelaksana pelayanan. Hasil pembahasan dari fokus tersebut dilakukan dengan membandingkan hasil wawancara, pedoman yang dalam hal ini adalah SOP dan juga teori yang telah tercantum pada bab tinjauan pustaka. Pada kenyataannya, hanya ada beberapa asas-asas dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan penyelenggaraan yang telah dilakukan oleh pihak KPPT. Hasil Fokus penelitian selanjutnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelayanan publik di KPPT Kabupaten Bangkalan antara lain faktor pendukung dan faktor penghambat yang masing-masing meliputi faktor internal dan eksternal. Rekomendasi yang diajukan oleh peneliti yaitu mengenai kepegawaian dan sarana prasarana yang ada di KPPT Kabupaten Bangkalan. Dengan demikian, dapat diuraikan yang terkait dengan kepegawaian yakni meliputi tentang kedisiplinan dalam hal absensi, kerapian, keadilan dalam memberikan pelayanan, kenyamanan, ketanggapan. Sedangkan, dalam hal sarana dan prasarana sebaiknya lebih ditingkatkan dalam hal keamanan dan keterangan denah/alur lokasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/497/051507242
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 13:38
Last Modified: 05 Oct 2015 13:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117560
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item