IndriDiahTriWahyuni (2009) Analisis Cause Related Advertising dalam Hubungannya dengan Sikap dan Keputusan Pembelian (Sebuah Kajian Iklan Wall’s Berbagi 1000 Kebaikan Bersama Viennetta pada Ibu Rumah Tangga Perumahan Bumi Asri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Upaya pemenuhan komitmen perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility dapat dilakukan salah satunya melalui Cause Related Marketing (CRM). Ketika sebuah perusahaan menyatakan bahwa sebagian dari keuntungan atau penjualan produknya akan disumbangkan untuk kegiatan sosial tertentu, maka perusahaan tersebut sedang melakukan CRM. Agar penerapan CRM berhasil, perusahaan diharapkan dapat menyusun komunikasi pemasaran yang tepat dengan memastikan bahwa isu sosial terlihat melalui pesan iklan dan memastikan bahwa tawaran CRM disampaikan secara sederhana dan mudah dimengerti. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden yaitu ibu rumah tangga di Perumahan Bumi Asri Sengkaling RW 05 Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS v.1.01 sebagai software pendukung. Alasan penggunaan PLS adalah fleksibilitas, karena indikator penelitian yang terdiri dari indikator reflektif dan indikator formatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 jalur hubungan yang berpengaruh signifikan dan terdapat 3 jalur hubungan yang berpengaruh tidak signifikan. Jalur yang berpengaruh signifikan meliputi: jalur antara isi pesan pada sikap terhadap iklan, dan jalur sikap terhadap iklan pada keputusan pembelian konsumen. Sedangkan jalur hubungan yang berpengaruh tidak signifikan adalah jalur struktur pesan pada sikap terhadap iklan, jalur format pesan pada sikap terhadap iklan, dan jalur sumber pesan pada sikap terhadap iklan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembentukan sikap ibu rumah tangga terhadap iklan Wall’s Berbagi 1000 Kebaikan Bersama Viennetta, sangat dipengaruhi oleh isi pesan cause related advertising. Perhatian yang besar terhadap isi pesan cause related advertising dalam iklan Wall’s Berbagi 1000 Kebaikan Bersama Viennetta yang ditayangkan di televisi, selanjutnya meningkatkan sikap positif terhadap iklan dan mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/264/050902254 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Aug 2009 15:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114119 |
Preview |
Text
050902254.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |